Sukses


Raih Medali Perak, Timnas Basket Putri Ulang Memori SEA Games '91

Bola.com, Singapura - Tuntas sudah perjalanan tim nasional (timnas) basket putri di SEA Games 2015 Singapura. Datang membawa misi memenangi medali, Hanum Fasya dkk. akhirnya menyelesaikan tugas mereka dengan raihan sekeping medali perak.

Kepastian ini terjadi setelah Indonesia menempati peringkat kedua klasemen akhir cabang olah raga basket putri, Senin (15/6/2015). Sementara Malaysia, yang memenangi laga terakhirnya kontra Vietnam, 82-50, meraih medali emas.

Prestasi timnas putri tersebut menjadi repetisi manis pencapaian para Srikandi lapangan basket di SEA Games 1991 silam. Saat itu, Julisa Moertoetyana dkk. sukses memenangi medali perak di Manila, Filipina.

Setelah itu, timnas basket putri butuh enam tahun untuk kembali meraih medali. Di SEA Games 1997 Jakarta, tim tuan rumah meraih medali perunggu. Selanjutnya, hingga saat ini, Indonesia selalu puasa medali di nomor basket putri SEA Games.

"Raihan medali perak ini menjadi hasil kerja keras tim. Perjalanan tim dari Agustus memulai pelatnas sampai hari ini sangat berliku. Kami sempat ditinggal pelatih, tapi kami tetap bersatu dengan tekad bulat demi Indonesia," ungkap Manajer Timnas Basket Putri Indonesia, Augie Fantinus, kepada bola.com melalui pesan elektronik.

"Terima kasih buat para pecinta basket, yang sudah dukung kami secara materiil dan moril. Terima kasih juga buat teman-teman media atas dukungannya," lanjutnya.

Memulai perjuangan di OCBC Arena, Singapura, pada 9 Juni 2015, Indonesia langsung menerima kekalahan telak dari Malaysia, 45-70. Namun begitu, skuat besutan Bambang Asdianto itu enggan menyerah.

Pasca kalah dari skuat Negeri Jiran, timnas basket putri bangkit dan memenangi empat laga tersisa. Termasuk atas Thailand dan tim tuan rumah Singapura.

Dengan rapor empat kali menang dan satu kali kalah, Indonesia pun berhasil mengumpulkan sembilan poin. Sama seperti Malaysia.

Tapi, faktor head to head yang dipegang Malaysia jadi pembeda. Sebagai hasil akhir, Indonesia harus puas meraih medali perak, dan Malaysia mendapat emas. Sementara medali perunggu jadi milik Thailand, yang finis ketiga dengan raupan delapan poin.

Baca juga:

Indonesia Mentok di Peringkat Kelima SEA Games 2015

Tambah Tujuh Emas, Posisi Indonesia Tidak Berubah

Bungkam Tuan Rumah, Indonesia ke Final

Video Populer

Foto Populer