Sukses


Visa Ditolak, Pebulutangkis Israel Gagal Turun di Kejuaraan Dunia

Bola.com, Jakarta - Pebulutangkis Israel, Misha Zilberman, gagal berlaga di Kejuaraan Dunia BWF 2015 di Istora Senayan, Jakarta, 10-16 Agustus. Dia mengaku pengajuan visanya ditolak masuk ke Indonesia.

Zilberman, yang mewakili Israel di cabang bulutangkis pada Olimpiade London 2012, mengatakan dalam enam bulan terakhir sudah berusaha mengajukan aplikasi visa ke pihak imigrasi Indonesia. Namun aplikasinya selalu ditolak meskipun telah mengirimkan seluruh berkas dan dokumen yang dibutuhkan.

Pebulutangkis berperingkat 41 dunia tersebut juga mengklaim tak mendapat bantuan dari federasi bulutangkis dunia (Badminton World Federation/BWF). Satu-satunya bantuan hanya datang dari Komite Olimpiade Israel.

Namun, upaya itu juga tak menunjukkan sinyal positif. Sambil menunggu kepastian visa, Zilberman berlatih di Singapura selama beberapa pekan terakhir. Melihat perkembangan terkini, dia terlihat pasrah jika akhirnya benar-benar gagal tampil di Istora Senayan.

“Setelah enam bulan bertukar surat dan setelah mengirimkan seluruh dokumen yang dibutuhkan, dan setelah saya tiba di Singapura, mereka bilang tidak,” tulis Zilberman di laman Facebooknya, akhir pekan lalu, seperti dilansir Jerusalem Post, Jumat (7/8/2015).

“Federasi Bulutangkis Dunia tahu tentang hal ini dan tidak membantu. Mereka memilih mengabaikan dan menunggu hal ini berlalu. Setelah dua pekan di Singapura menunggu visa, mereka mungkin mengirim saya pulang daripada mengirim ke Kejuaraan Dunia,” lanjutnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PP PBSI, Fuad Basya, mengatakan penolakan visa tersebut mutlak karena urusan diplomasi kedua negara, bukan karena faktor teknis.

“Jadi dia tidak bisa datang ke Indonesia, bukan karena faktor dia pebulutangkis hebat atau apa. Kami malah senang kalau ada pebulutangkis hebat ikut kejuaraan dunia. Tapi ini murni karena Israel dan Indonesia tidak punya hubungan diplomatik,” kata Fuad, saat dimintai konfirmasi Bola.com

“Tanpa ada hubungan diplomatik, tidak mungkin atlet Israel tersebut mendapat visa dari Indonesia,” jelas Fuad menutup pembicaraan.

Baca Juga: 

Jelang Kejuaraan Dunia 2015: Cedera Tak Surutkan Ambisi Marin

Jelang Kejuaraan Dunia 2015: Istora Senayan Terus Bersolek

Ini Harga Tiket Kejuaraan Dunia BWF 2015 di Istora

 

Video Populer

Foto Populer