Sukses


Peraih Medali Perak Olimpiade Ini Mengaku Gay

Bola.com, Jakarta - Peraih medali perak ski gaya bebas pada Olimpiade Musim Dingin 2014, di Sochi, Rusia, Gus Kenworthy, membuat pengumuman mengejutkan dengan mengakui dirinya adalah gay.

“Saya adalah gay,” cuit Kenworthy, di akun resmi Twitternya, Jumat (23/10/2015) dini hari WIB.

Atlet asal Amerika Serikat tersebut mengaku lelah karena selama ini harus membohongi semua orang. Dalam wawancara dengan ESPN, dia menyatakan sudah mengetahui orientasi seksualnya tersebut sejak lama. “Saya mengetahui diri saya gay sepertinya sejak berusia lima tahun," kata dia. 

ESPN menggambarkan Kenworthy sebagai salah satu atlet ski terbaik di planet, dan pemegang medali Olimpiade. Dia adalah atlet elite yang berkompetisi di olahraga action dunia, di mana sponsor dan pendapatan berkaitan erat dengan image-nya.

Kenworthy mengaku sempat putus asa seusai memenangi medali perak di Rusia karena khawatir bakal ditinggalkan sponsor dan fans jika membuat pengakuan tentang orientasi seksualnya.

“Saya rasa dunia action sports sangat berkaitan dengan opini. Ada garis yang sangat jelas di olahraga seperti itu, apa yang keren dan apa yang tidak keren. Jika sesuatu dibilang tidak keren, pasti langsung dilabeli gay,” ungkapnya, seperti dilansir Times.

“Saya frustrasi, lelah, dan ingin bunuh diri. Menyembunyikan segalanya sangat menyakitkan. Rasanya seperti terus menerus berbohong. Anda merasa seperti seorang penipu. Itulah titik balik mengapa saya ingin membuat pengakuan dan membiarkan semua orang melihat saya apa adanya. Semoga mereka bisa menerimanya,” imbuhnya.

Kenworthy mengatakan perhelatan X Games pada Januari tahun depan bagaikan event yang benar-benar baru. Setelah sekian lama, dia akhirnya bisa menjadi dirinya sendiri. Dia juga terkejut dengan banyaknya dukungan yang diterimanya setelah wawancaranya dengan ESPN dirilis ke publik.

“Saya benar-benar terkejut dengan banyaknya dukungan terhadap saya. Saya hanya ingin mengucapkan terima kasih, untuk Anda semua. Kata-kata positif Anda berarti segalanya buat saya,” ujar dia.

Kenworthy mendapat sorotan dunia bukan hanya karena meraih medali di Olimpiade Musim Dingin Sochi pada 2014. Namun, dia juga mendapat banyak sorotan media karena tindakannya mengadopsi empat anjing saat perhelatan akbar itu.

Kenworthy bukan atlet pertama yang mengaku gay. Sebelumnya, perenang Australia, Ian Thrope, juga membuat pengumuman serupa pada Juli 2014.

Baca Juga: 

Juara WBO Bisa Tantang Pacquiao, asal...

Ada Jakarta Marathon, Hindari Rute Ini Pada Hari Minggu

15.000 Pelari Ramaikan Jakarta Marathon 2015

Video Populer

Foto Populer