Sukses


10 Tim yang Diramal Bakal Menguasai NBA 2015-2016

Bola.com, Jakarta - Musim kompetisi NBA 2015-2016 resmi dimulai Selasa (27/10/2015) malam waktu setempat atau Rabu (28/10/2015) pagi WIB. Kemarin, sebanyak tiga pertandingan dimainkan.

Selain dibuka dengan perayaan penyerahan cincin juara NBA 2014-2015 kepada tim Golden State Warriors, yang bertindak sebagai tuan rumah laga kontra New Orleans Pelicans, musim baru NBA juga disaksikan langsung Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama. Obama, yang dikenal sebagai fans berat Chicago Bulls memilih menonton pertandingan pembuka Bulls kontra Cleveland Cavaliers di United Center.

Hasilnya pun positif. Bulls menang 97-95 atas Cavaliers. Sedangkan Warriors membungkam Pelicans, 111-95. Satu-satunya kekalahan tim tuan rumah di hari pertama NBA 2015-2016 diderita Atlanta Hawks, yang dipermalukan Detroit Pistons, 94-106.

Padahal, berdasarkan prediksi tim Ball Don't Lie yang dilansir Yahoo Sports, Pistons menempati peringkat ketiga di daftar lima tim terlemah di musim ini. Selain Pistons, empat tim lain yang ada di daftar ini ialah Denver Nuggets, Philadelphia 76ers, Brooklyn Nets, dan Charlotte Hornets.

Lantas, tim -tim mana saja yang masuk dalam daftar teratas? Berikut 10 tim yang diperkirakan bakal menjadi tim terkuat di musim 2015-2016:

1. Oklahoma City Thunder
Setelah setahun penuh kehilangan pemain bintang mereka, Kevin Durant, Oklahoma City Thunder diramal siap bangkit pada musim ini. Alasannya sederhana. Come back Durant dan kedatangan pelatih baru, Billy Donovan. Ditambah dengan Russell Westbrook, bukan tidak mungkin Thunder kembali menjelma tim kuat seperti pada musim 2011-2012. Kala itu, Thunder finis sebagai runner-up setelah dikalahkan Miami Heat, 1-4, pada final NBA 2012.

2 dari 3 halaman

2

2. Golden State Warriors
Sebagai juara bertahan, Golden State Warriors jelas layak masuk hitungan favorit di musim 2015-2016. Tak banyak berubahnya komposisi tim menjadi alasan utama. Satu-satunya faktor yang berpeluang mengganjal berlanjutnya tren Warriors ialah kesehatan pelatih kepala, Steve Kerr. Namun begitu, Warriors sudah berhasil membuktikan kesiapan mereka dengan memenangi laga pertama tanpa kehadiran Kerr di pinggir lapangan.

3. Cleveland Cavaliers
Seperti musim lalu, Cleveland Cavaliers masih menjadi momok serius di pentas NBA 2015-2016. Tiga nama tenar, LeBron James, Kevin Love, dan Kyrie Irving, tetap jadi jaminan mutu permainan agresif Cavaliers. Satu hal yang perlu diwaspadai Cavs ialah kemungkinan kembali terjadinya badai cedera yang silih berganti menimpa Love dan Irving.

4. Milwaukee Bucks
Musim lalu, Milwaukee Bucks mengejutkan pentas NBA dengan menembus playoffs. Dimotori pemain-pemain muda seperti Giannis Antetokounmpo dan Jabari Parker, Bucks menuntaskan musim reguler mereka dengan menempati peringkat keenam Wilayah Timur. Jika mampu menjaga semangat muda mereka, bukan tak mungkin Bucks meraih hasil lebih baik lagi pada musim depan.

5. San Antonio Spurs
Di tangan Gregg Popovich, San Antonio Spurs nyaris tak pernah luput dari label favorit di pentas NBA. Demikian juga pada musim 2015-2016 ini. Kedatangan power forward LaMarcus Aldrigde dari Portland Trail Blazers membuat daya gedor Spurs berada di level sangat OK. Sementara itu, pengalaman trio veteran Tim Duncan-Tony Parker-Manu Ginobili bisa berperan sebagai penyeimbang irama permainan Spurs.

6. Miami Heat
Musim lalu, Miami Heat sempat dibuat kewalahan dengan saga kepulangan LeBron James ke Cleveland Cavaliers. Namun, skuat besutan Erik Spoelstra ini berhasil mempertahankan ikon utama mereka, Dwyane Wade, serta center Chris Bosh di American Airlines Arena. Tambahan penembak jitu Goran Dragic sejak pertengahan musim lalu diperkirakan bisa mengembalikan era kejayaan Heat.

3 dari 3 halaman

3

7. Minnesota Timberwolves
Musim ini, Minnesota Timberwolves membuka perjalanan mereka di pentas NBA dengan duka. Beberapa hari sebelum tip-off musim 2015-2016, pelatih kepala Flip Saunders tutup usia karena penyakit kanker yang dideritanya. Meski begitu, fakta menyedihkan ini justru bisa menjadi pemacu semangat skuat muda Timberwolves. Dimotori Ricky Rubio, Wolves bisa menjadi tim yang 'hidup' melalui kombinasi permainan Rubio-Andrew Wiggins serta pemain rookie pilihan nomor 1 musim ini, Karl-Anthony Towns.

8. Sacramento Kings
Kedatangan Rajon Rondo diprediksi bisa memberi jawaban atas missing link yang selama ini dicari Sacramento Kings. Kemampuan Rondo mengolah bola dan visi bermainnya bakal memanjakan DeMarcus Cousins, yang berperan sebagai pencetak poin di bawah keranjang lawan.

9. Chicago Bulls
Seperti Thunder, angin segar juga tengah berhembus ke kubu Chicago Bulls. Selain kedatangan pelatih baru, Fred Hoiberg, yang sangat sukses di ajang liga basket mahasiswa NCAA bersama Iowa State Universtity, Bulls juga akan kembali diperkuat pemain bintang mereka, Derrick Rose. Jika Rose tetap fit, dan center Joakim Noah bermain di level terbaiknya, peluang Bulls menembus playoffs sangat bagus.

10. Utah Jazz
Musim lalu, Utah Jazz boleh saja gagal mencapai playoffs lantaran cuma finis di peringkat ke-10 musim reguler Wilayah Barat. Namun, seiring dengan waktu berjalan, kekompakan permainan tim yang dimotori Gordon Hayward dan Rudy Gobert menjadi kian solid. Ujian pertama Jazz pada musim 2015-2016 akan dimulai dengan melawat ke markas Detroit Pistons pada hari ini.

Video Populer

Foto Populer