Sukses


Soal Dana, Manajer Rio Haryanto Usulkan Alternatif Ini ke Manor

Bola.com, Jakarta - Manajer Rio Haryanto, Piers Hunniset, berencana melobi petinggi tim Formula 1 (F1), Manor Marussia, supaya dana senilai Rp 225 miliar untuk syarat penandatanganan kontrak bisa dibayarkan secara bertahap.

Pihak Rio berharap usulan ini bisa disetujui tim F1 yang bermarkas di Inggris tersebut. Sembari menunggu respons Manor, Rio bakal berusaha mencari sponsor yang bisa mendukungnya secara finansial supaya impiannya tampil di ajang Formula 1 benar-benar terealisasi.

Seperti diketahui, Manor Marussia telah memberi lampu hijau kepada Rio Haryanto untuk bergabung dengan mereka. Kontrak juga sudah disodorkan pihak Manor untuk ditandatangani Rio. Hal itu disampaikan Manor melalui surat elektronik yang ditandatangani sang owner, Stepgen Fitzpatrick, Senin (7/12/2015) pagi.

Namun, kesepakatan hanya bisa terjadi jika pebalap asal Solo, Jawa Tengah, tersebut menyerahkan dana senilai 15 juta euro kepada Manor.

Ibunda Rio, Indah Pennywati, mengatakan setelah menerima email tersebut, Piers telah menghubungi Manor. Dia berencana bernegosiasi dengan Manor, terutama tentang nominal dana yang harus diserahkan untuk menyegel kesepakatan kedua pihak.

“Tadi Piers langsung berusaha menelepon dan mengirim email ke Manor untuk menegosiasikan terkait dana ini. Yang jelas Manor sudah memastikan Rio mendapatkan satu kursi untuk musim depan. Tapi tetap harus disertai penyerahan dana. Itulah yang akan dibicarakan oleh Piers,” kata Indah, ketika dihubungi bola.com, sore tadi.

“Piers akan mencoba mengusulkan bagaimana jika penyerahan dana itu dilakukan secara bertahap, karena saat ini kami baru memiliki 5 juta euro. Sedangkan kebutuhan keseluruhan 15 juta euro. Sisanya diserahkan secara bertahap, jadi kami punya lebih banyak waktu mencari sponsor lagi,” imbuh Indah.

Namun, hingga sore tadi belum ada respons dari Manor. Petinggi tim Manor menyatakan masih ada beberapa urusan lain yang harus diselesaikan dan berjanji membahas hal itu, Selasa (8/12/2015).

“Tadi mereka membalas lewat email, menyatakan bersedia membicarakan ini besok. Semoga mereka mau menerima alternatif itu,” ujar istri Sinyo Haryanto itu.

Skenario terburuk adalah Manor tetap meminta Rio Haryanto menyerahkan keseluruhan dana senilai 15 juta Euro. Jika hal itu terjadi, Indah berharap mereka bisa mendapatkan solusi dalam waktu dekat.

“Kami akan mencoba menghubungi Bu Rini Soemarno (Menteri BUMN), untuk membicarakan hal ini, karena dulu beliaulah yang diminta Presiden untuk membantu pencarian dana untuk Rio,” kata Indah.

Video Populer

Foto Populer