Sukses


Malaysia Tanpa Lee Chong Wei di Kualifikasi Piala Thomas

Bola.com, Kuala Lumpur - Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) membuat keputusan mengejutkan dengan tak memanggil Lee Chong Wei untuk kualifikasi Piala Thomas di Hyderabad, India, 15-21 Februari 2016. Tim Negeri Jiran tersebut memilih menurunkan pemain-pemain muda.

Pemain papan atas Malaysia seperti Lee Chong Wei, Chong Wei Feng, Goh V Shem/Tan Wee Kiong, dan Koo Kien Keat/Tan Boon Heong semuanya tak masuk tim untuk babak kualifikasi tersebut. Posisi mereka diisi oleh mantan juara dunia junior Zulfadli Zulkiffli, kemudian Iskandar Zulkarnain Zainuddin, Soo Teck Zhi, Soong Joo Ven, Tan Kian Meng-Low Juan Shen, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi dan Tan Chee Tean/Tan Wee Gieen.

Zulfadli bakal tampil sebagai tunggal pertama tim Malaysia. Yang mengejutkan, tak ada satu pun dari pemain muda tersebut yang pernah turun di ajang Piala Thomas.

Di sisi lain tak ada kejutan berarti dalam susunan tim untuk Piala Uber. Malaysia bakal menurunkan Tee Jing Yi, Ho Yen Mei, Goh Jin Wei, Lee Ying Ying, Vivian Hoo/Woon Khe Wei, Amelia Anscelly/Soong Fie Cho dan Lee Meng Yean/Chow Mei Kuan.

Pelatih BAM, Datuk Seri Norza Zakaria, meyakini keputusan mengandalkan pemain-pemain muda, terutama di sektor putra, ini sebagai langkah maju.
“Kami bergantung pada pemain tunggal putra dan ganda putra yang itu-itu saja selama beberapa waktu. Kami tahu itu adalah masalah. Sekarang saatnya memberi kesempatan kepada pemain muda,” kata Norza, seperti dilansir The Star Malaysia, Jumat (15/1/2016) malam.

“Chong Wei ingin tak terlibat (di Piala Thomas) karena ingin fokus ke Olimpiade Rio de Janeiro (pada Agustus). Begitu juga V Shem-Wee Kiong,” imbuhnya.

“Zulfadli sekarang berusia 22 tahun dan Iskandar 24 tahun. Pemain yang lain umurnya antara 20 dan 22 tahun. Ini tim yang sangat muda dan tak berpengalaman. Tapi mereka adalah masa depan kami.”

Meskipun menurunkan pemain muda, BAM yakin Malaysia bakal lolos ke putaran final Piala Thomas yang akan berlangsung di Kunshan, Tiongkok, 15-22 Mei. Mereka punya rencana cadangan jika gagal menjadi satu dari empat tim yang lolos ke putaran final dari kualifikasi zona Asia.

Menurut peraturan, tiga dari 16 tim yang berhak tampil di putaran final bakal dipilih berdasar poin ranking keseluruhan tim seusai kualifikasi selesai. Malaysia kemungkinan bakal terpilih melalui jalur ini.

“Bahkan jika tim kami gagal di kualifikasi, saya yakin kami punya kans 99 persen untuk lolos sebagai tiga tim teratas berdasarkan poin ranking keseluruhan,” kata Direktur Teknik BAM, Morten Frost.

Keputusan BAM ini sejalan dengan harapan Lee Chong Wei yang meminta tak dimainkan di Piala Thomas. Bintang bulutangkis Malaysia itu memilih fokus mempersiapkan diri menghadapi Olimpiade 2016. Gelar Olimpiade adalah satu di antara titel bergengsi yang belum berhasil diraih oleh Chong Wei. 

 

Video Populer

Foto Populer