Sukses


PT Pertamina Mulai Proses Pencairan Dana untuk Rio Haryanto

Bola.com, Jakarta - PT Pertamina mengklaim telah memulai proses pencairan dana untuk Rio Haryanto yang akan diserahkan kepada tim Formula 1, Manor Racing. Namun, Pertamina tak bisa memberikan kepastian kapan dana tersebut bakal turun.

Vice President for Corporate Communication PT. Pertamina (Persero), Wianda Pusponegoro, sebagai badan usaha milik negara ada banyak prosedur dan aturan yang harus dipenuhi untuk mencairkan dana sebesar itu. Hal itulah yang membuat pihaknya belum bisa memberikan tanggal pasti dana itu bisa cair dan diserahkan kepada manajemen Rio Haryanto. Setelah itu, manajemen Rio yang akan menyetorkan dana tersebut kepada Manor.

“Kami sudah memulai proses pencairan dana untuk Rio Haryanto, sesuai komitmen kami sebesar 5 juta euro. Hari ini tadi prosesnya dimulai. Tapi kalau ditanya kapan dana itu turun, kami belum bisa memastikan. Banyak prosedur yang harus dijalani dan berkas yang harus dilengkapi, ” kata Wianda, ketika dihubungi bola.com, Senin (15/2/2016).

“Semoga dananya bisa cair dalam waktu dekat dan kami serahkan kepada manajemen Rio Haryanto.”

Wianda menyatakan proses pencairan dana baru dilakukan karena sebelumnya Pertamina menunggu perkembangan terkait apakah Rio jadi tampil di F1 atau tidak. Setelah ada sinyal bagus dari Manor pada Kamis (11/2/2016), Pertamina baru mengambil langkah untuk mencairkan dana.

Seperti diketahui, Rio baru menyetor uang muka kepada Manor senilai 3 juta euro (Rp 44 miliar) yang berasal dari pinjaman. Manor masih menunggu pembayaran tambahan senilai 2,5 juta euro atau senilai Rp 37 miliar. Jika permintaan itu dipenuhi, Rio Haryanto hampir dipastikan bakal menjadi pebalap Manor yang menemani Pascal Wehrlein sekaligus tampil di ajang Formula 1 2016.

Kini, bola ada di tangan Pertamina. Meskipun belum bisa memastikan kapan dana itu cair, Wianda menegaskan komitmen Pertamina untuk mendukung Rio dengan dana senilai 5 juta euro tak perlu diragukan.

“Seperti komitmen kami sebelumnya, kami tetap akan memberikan dukungan senilai 5 juta euro. Mau dipakai 5 juta euro langsung atau 2,5 juta euro dulu tidak masalah. Semoga proses pencairannya selesai secepatnya,” kata Wianda.

Dihubungi terpisah, ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati, mengatakan pihaknya kini hanya bisa menunggu pencairan dana dari Pertamina. Sembari menunggu kepastian dari Pertamina, pihaknya terus berkomunikasi dengan para petinggi Manor.

“Kami sudah menyerahkan 3 juta euro kepada Manor, setelah itu Pertamina yang akan bayar. Semoga prosesnya cepat karena tes pramusim F1 tinggal seminggu lagi,” kata Indah, saat dihubungi bola.com melalui telepon.

Ini yang Dinanti Pecinta Tinju, Mike Tyson Kembali Berlaga dan Hadapi Roy Jones Jr

Video Populer

Foto Populer