Sukses


Target Khusus Rio Haryanto di Tes Pramusim Perdana F1

Bola.com, Catalunya - Tes Pramusim Formula 1 (F1) di Sirkuit Catalunya, Barcelona, dimulai, Senin (22/2/2016), pagi waktu setempat. Rio Haryanto yang menjadi pebalap Indonesia pertama yang mengikuti balap jet darat terakbar di dunia ini punya target khusus pada pramusim perdana yang berlangsung selama 4 hari. Rio saat ini sudah resmi tergabung dalam tim Manor Racing.

’’Harapan saya untuk tes pramusim ini adalah bisa memacu selama mungkin mobil. Lebih banyak lap yang bisa saya lalui, lebih bagus,’’ ujar Rio Haryanto saat ditemui langsung bola.com di ruang makan Manor Racing pada Minggu (21/2/2016) kemarin.

Pebalap kelahiran Solo ini mengakui perlu cepat beradaptasi dengan mobil Manor MRT05. Dengan mesin produk Mercedes, serta transmisi keluaran Williams, Rio punya keyakinan daya pacu mobil yang akan dikendarainya di F1 musim ini bisa kompetitif dengan mobil dari tim-tim papan tengah. ’

"Test drive untuk mencoba ban di Abu Dhabi (bersama tim Manor) tahun lalu adalah terakhir kali saya mengendarai mobil balap. Sampai saat ini belum pernah lagi,’’ kata pebalap berusia 23 tahun tersebut.

Rio baru saja menyelesaikan seat fitting (pengukuran tempat duduk) di mobilnya. Kegiatan ini telah dimulai sejak Minggu hingga Senin (22/2/2016). Menurut Rio pengukuran tempat duduk merupakan agenda pertama yang harus dilaluinya sebelum mengikuti tes pramusim. ’’Saya harus mencocokkan posisi duduk di mobil. Harus senyaman mungkin agar ketika balapan tidak ada kendala,’’ kata penggemar berat Ayrton Senna ini.

Menurut jadwal yang dirilis panitia pramusim F1 2016, Rio Haryanto dijadwalkan menggeber mobil barunya pada Rabu (24/2/2016) dan Kamis (25/2/2016). Pada hari tersebut, Rio akan menjalani sesi pramusim bersamaan dengan beberapa pembalap lainnya seperti Lewis Hamilton, Kimi Raikonnen, Felipe Massa, dan Fernando Alonso.

Usai menjalani tes pramusim pertama, Rio Haryanto akan menetap di Barcelona hingga pramusim kedua F1 berakhir. ’’Hanya istirahat beberapa hari. Jaraknya tidak begitu jauh, jadi aku stay di sini dulu,’’ katanya.

Video Populer

Foto Populer