Sukses


Bos Manor Puji Respons Rio Haryanto Saat Alami Kebocoran Oli

Bola.com, Barcelona - Direktur Balapan Manor Racing, Dave Ryan, memuji respons tenang Rio Haryanto saat tim menghadapi masalah kebocoran oli di mobil MRT05 pada sesi pagi hari pertama tes Formula 1 (F1) di Sirkuit Catalunya, Spanyol, Selasa (1/3/2016).

Dia menilai ketenangan Rio menjadi kunci tes pramusim sesi sore akhirnya bisa berjalan mulus. Pada akhir tes sore, pebalap berusia 23 tahun tersebut membukukan catatan lap terbaik 1 menit 27,625 menit. Catatan waktu tersebut lebih tajam daripada rekor terbaiknya pada tes pramusim pekan lalu, yaitu 1 menit 28,266 detik.

Ryan mengatakan kebocoran oli yang terjadi sebenarnya tidak serius, namun membutuhkan waktu lama untuk mengatasinya. Buntutnya, Rio hanya turun dua lap pada sesi tes pagi dan gagal mencatatkan lap time.

“Kami membuat kesalahan signifikan uji coba pada pagi ini (kemarin) saat oli bocor mengganggu program kami. Kebocoran itu sebenarnya mudah diatasi, tapi posisinya sulit dijangkau. Di situlah kami kehilangan waktu,” kata Ryan, seperti dikutip di laman Facebook Manor Racing.

“Setelah teratasi, kami segera memutar mobil dan membawa Rio kembali ke lintasan sebelum jeda makan siang. Hal itu untuk memastikan masalah kami benar-benar telah teratasi dan siap untuk sesi sore,” imbuh dia.

Meskipun kehilangan waktu berharga pada sesi pagi, Rio tampil cukup impresif pada tes sore. Ryan pun memuji ketenangan pengidola Michael Schumacher dan Ayrton Senna itu.

“Rio merespons dengan baik tantangan ini. Ketenangan dan cara dia tetap fokus berkontribusi terhadap kelancaran sisa tes hari ini. Meskipun kehilangan jarak tempuh yang berharga, kami dalam posisi bagus pada awal tes pekan ini,” beber Ryan.

Pada tes sesi sore, Rio Haryanto melahap 43 lap. Dengan demikian, sepanjang tes hari pertama putra pasangan Indah Pennywati dan Sinyo Haryanto itu total menempuh jarak 45 lap.

Meskipun catatan waktunya lebih tajam dibanding pada tes pramusim pertama pekan lalu, Rio masih menempati posisi paling belakang dari 12 pebalap yang turun pada tes hari pertama. Catatan waktu terbaik dibukukan pebalap Mercedes, Nico Rosberg, dengan 1 menit 23,022 detik.

Video Populer

Foto Populer