Sukses


Tes F1 Sesi Pagi: Mobil Rusak, Rio Hanya Jalani Installation Lap

Bola.com, Barcelona - Pebalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto, hampir melewatkan seluruh sesi pagi hari keempat tes pramusim F1 2016 di Sirkuit Catalunya, Jumat (4/3/2016). Mobil MRT05 milik pebalap asal Solo itu mengalami masalah mekanik dan baru rampung diperbaiki menjelang sesi pagi berakhir.

Alhasil, Rio hanya bisa melakukan installation lap tepat sebelum sesi latihan pagi ditutup. Pebalap yang pernah memperkuat tim GP2 Campos Racing ini berada di posisi buncit dari 11 pebalap yang turun pada sesi pagi hari ini, serta tak membukukan catatan waktu.

Pihak Manor Racing tidak menjelaskan secara detail kerusakan yang dialami mobil pebalap berusia 23 tahun tersebut. Namun, Rio terpaksa hanya berkutat di garasi tim sambil menanti perbaikan selesai.  

Ini insiden kedua yang dialami Rio pada tes pramusim F1 edisi kedua di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol. Sebelumnya, mobil Rio juga bermasalah pada sesi pagi hari pertama, Senin (1/3/2016). Pada saat itu mobilnya mengalami kebocoran oli dan hanya bisa melahap dua lap pada sesi pagi. Beruntung, perbaikan selesai sebelum jeda makan siang, sehingga putra pasangan Sinyo Haryanto dan Indah Pennywati tersebut bisa turun pada tes sesi sore.

Sementara itu, catatan waktu terbaik pada sesi pagi dibukukan pebalap Ferrari, Sebastian Vettel, yang menjalani installation lap menggunakan proteksi kokpit halo. Vettel mengemas waktu lap terbaik 1 menit 22,852 detik. Dia lebih cepat daripada Carlos Sainz (Toro Rosso) yang berada di posisi kedua, dengan selisih 0,282 detik.     

Posisi ketiga ditempati pebalap Force India, Sergio Perez, dengan waktu lap terbaik 1 menit 23,721 detik. Sedangkan juara dunia 2015 yang memperkuat tim Mercedes, Lewis Hamilton, berada di posisi keempat, dengan catatan waktu terbaik 1 menit 24,133 detik.

Mercedes konsisten tak tergoda menggunakan ban lunak pada tes hari keempat ini. Hal tersebut tak membuat performa mereka tertinggal jauh dari para pesaing. Namun, tim juara bertahan itu juga ditimpa masalah saat mobil Hamilton mogok di trek pada pengujung sesi pagi tes pramusim F1. Mobil tersebut berhenti mendadak karena mengalami masalah transmisi.  

Sementara itu, setelah menjalani installation lap, Rio kemungkinan besar bisa turun pada sesi sore. Sesi latihan hari ini sangat penting karena Rio Haryanto harus menjalani simulasi balapan. Ini adalah persiapan terakhirnya sebelum turun pada balapan pertama di Sirkuit Albert Park, Melbourne, 20 Maret 2016. 

 

Video Populer

Foto Populer