Sukses


Menpora Belum Dapat Izin Presiden Tonton Debut Rio di F1

Bola.com, Jakarta - Rio Haryanto akan melakoni debut balapan F1 di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Australia, pada 20 Maret. Meski masih minim pengalaman, Menpora Imam Nahrawi tetap yakin pebalap tim Manor Racing itu mampu bersaing dengan para pebalap top dunia.

Rio sudah empat kali menguji mobil Manor MRT05 dalam dua tes pramusim di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol. Manor menganggap performa pebalap berusia 23 tahun itu sepanjang empat hari tes cukup memuaskan. 

Rio memang berada di posisi terakhir daftar pebalap tercepat, beberapa kali mengalami kendala teknis, dan sempat melintir keluar trek. Namun, eks pebalap GP2 itu mengaku sudah mampu beradaptasi dengan lingkungan F1 dan semakin percaya diri saat berada di balik kokpit MRT05.

Penampilan Rio Haryanto saat tes ternyata dipantau Menpora Imam Nahrawi. Menpora pun tanpa ragu melontarkan pujian kepada pebalap asal Solo, Jawa Tengah, itu.

"Saya senang karena Rio sudah menunjukkan satu tekad untuk meraih pencapaian yang luar biasa. Tinggal kita lihat nanti saat balapan sesungguhnya. Balapan pertama di Melbourne pada 20 Maret akan jadi pembuktian awal Rio. Saya yakin Rio bisa memberikan yang terbaik buat Indonesia," kata Menpora Imam Nahrawi di Jakarta, Senin (7/3/2016).

Menpora mengaku berencana menonton dan memberikan dukungan secara langsung kepada Rio di Melbourne. Hanya, sampai saat ini Imam belum mendapat izin dari Presiden RI Joko Widodo.

"Mekanisme formalnya memang seperti itu. Namun, undangan dari duta besar sudah masuk. Demikian pula dengan rangkaian acara selama di sana. Rencananya, kami akan bertemu dengan Menteri Pemuda Australia dan melihat infrastruktur olahraga yang ada di sana," ujar Menpora.

Video Populer

Foto Populer