Sukses


F1 GP Bahrain: Ini Cedera yang Membuat Fernando Alonso Absen

Bola.com, Sakhir - Fernando Alonso mengalami kecelakaan hebat saat tampil di lomba F1 GP Australia, Minggu (20/3/2016). Mobil pebalap McLaren Honda itu menabrak bagian belakang mobil Esteban Gutierrez, menghantam tembok, dan berguling sebanyak dua kali sebelum berhenti dalam posisi terbalik. 

Pebalap asal Spanyol itu selamat dan bisa keluar tanpa bantuan dari mobilnya yang hancur. Setelah kecelakaan itu Alonso segera diperiksa di klinik sirkuit Albert Park, Melbourne. Hasilnya ia dinyatakan tak mengalami cedera serius.

Namun setelah itu Alonso merasakan sejumlah keluhan. Saat pulang ke Spanyol, Alonso menjalani pemeriksaan lanjutan dan ternyata ia mengalami cedera.

"Sehari setelah kecelakaan saya merasakan sakit, namun tak terlalu serius. Sesudah itu saya pulang ke Spanyol, rasa sakit itu masih ada dan saya diperiksa lagi. Ada rasa sakit di paru-paru saya," ujar Alonso seperti dikutip di situs formula1.

Juara dunia 2004 dan 2005 itu disarankan dokter untuk beristirahat di rumah. Ia kembali ke dokter dan diperiksa sepekan kemudian. Hasilnya, ditemukan retak pada bagian rusuk. Cedera itu akhirnya membuat Alonso tak bisa tampil di GP Bahrain yang akan digelar pada Minggu (3/4/2016). Alonso sudah sampai di Bahrain dan sempat ikut dalam konferensi pers di sirkuit Sakhir, Kamis (31/3/2016).

"F1 adalah olah raga yang unik. Dengan posisi yang dijalani pebalap selama berada di dalam mobil, ditambah dengan G-Force, ada resiko retak di rusuk ini akan mencederai paru-paru," ucap Alonso.

"Cedera ini tidak terjadi di kaki atau tangan dan saya bisa menahan rasa sakitnya. Cedera ini saya alami di dada, dimana ada banyak organ tubuh. Jadi saya tak bisa berbuat banyak saat ini," lanjut pebalap berusia 34 tahun ini.

Alonso juga belum bisa memastikan apakah ia bisa kembali tampil saat F1 GP China digelar dua pekan lagi. Saat ia absen, tempatnya digantikan pebalap cadangan, Stoffel Vandoorne.

"Saya tentu ingin bisa kembali berlomba di China. Tapi kepastian itu baru akan diketahui 10 hari lagi, setelah saya menjalani pemeriksaan lagi dan FIA melakukan evaluasi. Resikonya kecil, tapi semua tentu menginginkan saya kembali membalap tanpa ada resiko apapun," tegas pebalap yang pernah bergabung dengan tim Williams dan Ferrari ini.

Meski tak akan tampil di F1 GP Bahrain, Fernando Alonso memutuskan untuk tetap berada di sirkuit Sakhir. Ia ingin memberikan dukungan pada tim dan saran pada Vandoorne yang menggantikan tempatnya untuk sementara.

Video Populer

Foto Populer