Sukses


F1 GP China: Rio Haryanto Berpeluang Duel Lagi dengan Rival Lawas

Bola.com, Shanghai - McLaren-Honda kembali menyiapkan juara GP2 Series 2015 dan rival lawas Rio Haryanto, Stoffel Vandoorne, untuk F1 GP China sebagai langkah antisipasi jika Fernando Alonso kembali tak diizinkan ikut balapan.

Alonso gagal tampil di GP Bahrain pada 3 April karena tak lolos tes medis. Pebalap asal Spanyol itu dianggap belum fit untuk balapan setelah mengalami kecelakaan hebat di GP Australia, 20 Maret. Berdasarkan hasil tes medis, Alonso diketahui menderita retak tulang rusuk.

Untuk menggantikan Alonso, McLaren memanggil Stoffel Vandoorne yang sedang menjalani tes Super Formula di Jepang. Meski terkesan dadakan dan kurang persiapan, Vandoorne mampu menampilkan performa impresif. Pebalap asal Belgia itu langsung mencetak poin saat debut dengan finis di posisi ke-10.

Alonso masih belum pasti comeback di GP China. Dia mesti menjalani tes medis lagi di Shanghai pada Kamis (14/4/2016). Hasil tes tersebut bersifat final dan akan menentukan apakah Alonso bisa kembali beraksi atau tidak.

"Saya kecewa tak bisa balapan di Bahrain, tapi saya menghormati keputusan tim medis FIA. Tentu saya berharap bisa kembali ke kokpit pada Jumat (15/4/2016). Saya belum mendapat lampu hijau dari dokter. Namun, saya tetap melakukan persiapan secara normal," kata Alonso kepada Autosport, Selasa (12/4/2016).

McLaren berharap Alonso bisa tampil lagi. Namun, mereka juga sudah menyiapkan rencana cadangan dan bersiap untuk skenario terburuk.

"Kami akan menerima apa pun keputusan tim medis FIA. Sekali lagi Stoffel akan kami siapkan sampai Fernando melakukan tes medis dengan tim dokter FIA. Stoffel telah melakukan pekerjaan hebat pada balapan debutnya dengan mencetak poin pertama tahun ini untuk tim dan dirinya sendiri," kata Racing Director McLaren, Eric Boullier.

Alonso tak ketinggalan memuji Vandoorne. "Dia tampil luar biasa di Bahrain," tuturnya.

Jika Alonso kembali gagal tes medis, sudah dipastikan Vandoorne akan kembali beraksi di Shanghai. Artinya, dia bakal kembali berduel dengan rival lawas semasa di GP2, Rio Haryanto, yang membela tim Manor Racing. Pada F1 GP Bahrain, Rio finis di posisi ke-17.

Stoffen Vandoorne (MOHAMMED AL-SHAIKH / AFP)

Video Populer

Foto Populer