Sukses


Setelah Pedrosa, Giliran Marc Marquez Kritik Winglet

Bola.com, Jerez - Kritikan atas penggunaan winglet di ajang MotoGP terus bermunculan. Setelah pebalap Honda, Dani Pedrosa, meminta winglet dilarang, kini giliran rekan setimnya, Marc Marquez, mengkritik perangkat yang berfungsi mengatur sistem aerodinamika pada motor itu.

Winglet adalah perangkat berbentuk sayap kecil yang dipasang di motor. Fungsinya agar motor tak gampang mengalami wheelie atau ban depan tak mudah terangkat saat berakselerasi. Winglet menjadi salah satu terobosan dan pengembangan di MotoGP musim ini. Honda dan Yamaha kini sudah menggunakan winglet, yang awalnya diperkenalkan oleh Ducati pada balapan terakhir musim 2015.

“Winglet adalah sesuatu yang aneh. Winglet di motor kami memang kecil, tapi secara pribadi saya tak menyukainya. Alasan pertama, motor bakal terlihat lebih bagus tanpa winglet,” kata Marquez, seperti dilansir Speedweek, Minggu (17/4/2016).

“Alasan kedua adalah insiden-insiden. Seperti yang Anda lihat pada saya (winglet Andrea Iannone menggores on-board kamera di motor Marc Marquez), insiden antara Dani (Pedrosa) dan (Andrea) Dovizioso di Austin, atau antara Dovizioso dan (Andrea) Iannone di Argentina,” imbuh pebalap berjuluk Baby Alien tersebut.

Marquez mengakui tak terkena imbas apapun secara langsung dari insiden-insiden tersebut. Namun, dia menilai winglet berisiko menimbulkan efek yang buruk saat terjadi crash dan semacamnya.

“Saya tak mengalami apapun. Tapi saya melihatnya di televisi. Insiden itu bisa bertambah buruk (akibat winglet). Tentu saja aturan memperbolehkan penggunaan winglet. Tapi, seharusnya lebih dibatasi,” beber Marquez.

Meski mengkritik winglet, Marquez mengakui perangkat tersebut juga berimbas positif terhadap aerodinamika motor. Menurutnya, winglet mampu menjaga roda depan tetap menempel di trek, yang sangat penting saat berakselerasi di tikungan cepat.

“Ya efeknya (winglet) memang besar, seperti yang saya rasakan waktu di Austin,” ujar pebalap asal Spanyol tersebut. 

Sebelumnya, Pedrosa juga mengkritik penggunaan wiglet. Dia bahkan secara tegas meminta otoritas MotoGP melarang perangkat tersebut demi alasan keselamatan pebalap. Hal itu dilontarkan setelah insiden crash antara dirinya dengan Dovizioso di MotoGP Austin, pada 10 April.

“Untungnya Dovizioso baik-baik saja, karena tubrukan itu cukup kuat dan untungnya winglet saya tak terlalu besar. Opini pribadi saya adalah kami harus mengakhiri penggunaan winglet untuk alasan keselamatan dan keamanan,” kata Dani Pedrosa.

Video Populer

Foto Populer