Sukses


4 Alternatif Sumber Dana Rio Haryanto untuk Bayar Tagihan Manor

Bola.com, Jakarta - Pebalap Indonesia, Rio Haryanto, harus segera melunasi pembayaran ke Manor Racing supaya bisa membalap selama semusim penuh di ajang Formula 1. Apalagi, Manor sudah mulai mengingatkan supaya pebalap asal Solo itu segera membayar kekurangan dana, pada bulan depan.

Ibunda Rio, Indah Pennywati, mengatakan pihaknya sudah menyetorkan dana senilai 15 juta euro (Rp 225 miliar) ke Manor. Perinciannya, 5 juta euro (Rp 74 miliar) berasal dari Pertamina, sedangkan dari manajemen Rio senilai 3 juta euro (Rp 44 miliar).

Dengan demikian, Rio masih harus menyetorkan dana senilai 7 juta euro (Rp 104 miliar) jika ingin tetap bersama tim yang bermarkas di Inggris tersebut sampai akhir musim. Masalahnya, hingga saat ini belum ada sponsor besar yang bersedia mengucurkan dana untuk menggenapi tagihan ke Manor Racing.

“Manor sudah mengingatkan soal pembayaran,” kata Indah, ketika dihubungi bola.com, Senin (25/4/2016).

Menurut Indah, saat ini pihaknya masih berusaha mencari berbagai sumber pendanaan supaya bisa segera menyetor lagi dana ke Manor.

Inilah empat alternatif sumber dana untuk melunasi tagihan Manor menurut ibunda Rio, Indah Pennywati:

2 dari 3 halaman

1

1. Terus berusaha mencari sponsor

Indah mengatakan sampai saat ini belum ada sponsor tambahan untuk Rio. Namun, pihaknya belum patah semangat untuk mendekati sejumlah sponsor. Indah tak mengungkapkan secara terperinci sponsor yang sudah didekati.

Sejauh ini, sponsor utama dan satu-satunya yang dimiliki Rio Haryanto hanya Pertamina. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut telah menjadi sonspor Rio sejak 2010.

“Sponsor ini bisa jadi sumber dana yang besar dan lebih efektif dibandingkan menggunakan cara-cara lain,” kata Indah.

2. SMS Donasi 

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) resmi membuka program SMS Donasi Rio Haryanto, Minggu (17/4/2016). Masyarakat bisa menyumbang dengan cara mengetik "Rio" kemudian dikirim ke 7788 semua operator dan pengguna akan terpotong pulsanya Rp 5.000. Kemenpora menargetkan bisa mendapatkan sekitar Rp 5 miliar hingga Rp 10 miliar dari SMS donasi.  

Menurut Indah, cara tersebut merupakan terobosan bagus. Sayangnya, program ini belum terlalu efektif. 

“Supaya lebih efektif pihak operator seharusnya sering mengirim promo ke pelanggan, misalnya tiga kali sehari. Setiap orang kan punya kesibukan masing-masing, jadi perlu diingatkan. Bisa juga dibantu melalui media sosial dan running text di televisi,” ujar Indah.

3 dari 3 halaman

2

3. Menjual produk atau merchandise

Indah mengatakan mencari dana dari menjual produk atau merchandise sudah dilakukan, salah satunya di event Indonesia International Motor Show, beberapa waktu lalu.

“Kami sudah mencobanya, tapi hasilnya tidak sebesar jika mendapat dana dari sponsor,” kata Indah.

4. Terobosan baru

Selain tiga cara di atas, Indah mengaku sudah menyiapkan satu alternatif untuk mendapatkan dana yang akan disetorkan ke Manor. Namun, istri Sinyo Haryanto tersebut belum bersedia mengungkapkan secara detail rencananya.

“Sedang kami bahas. Kalau sudah ada kepastian, baru kami umumkan ke publik,” kata Indah.

Video Populer

Foto Populer