Sukses


Rio Haryanto Bicara soal Dukungan Fans dan Pemerintah RI

Bola.com, Sochi - Menjadi pebalap F1 tak pelak membuat Rio Haryanto ibarat selebriti. Banyak yang kagum dengan pebalap Manor Racing tersebut.

Dukungan dari fans terus mengalir. Tak sedikit yang berharap Rio bisa sukses pada ajang balap mobil paling bergengsi di dunia tersebut.

Rio jelas menyambut hangat dukungan dari fansnya. Pebalap berusia 23 tahun ini membantah banyaknya dukungan justru memberikan tekanan besar. 

"Saya pikir dukungan yang ada lebih memberikan gairah ketimbang tekanan. Itu hal yang bagus. Saya tak menilai itu mengganggu saya atau justru memberikan tekanan untuk saya," ungkap Rio dalam wancarara dengan reporter Sky Sport, Rachel Brookers, Jumat (29/4/2016).

Meski demikian, Rio tampaknya belum begitu terbiasa dengan kondisi sekarang. Banyaknya fans membuatnya sedikit kewalahan.

"Kadang saya ingin tak terlihat. Tapi ini bagian dari permainan dan tugas saya. Jadi saya menikmatinya," tuturnya.

Dukungan untuk Rio sebenarnya tak hanya datang dari fans. Pemerintah Republik Indonesia (RI) juga memberikan perhatiannya untuk pebalap kelahiran Solo, Jawa Tengah, tersebut.

Tentunya, pemerintah RI lebih fokus ke masalah dana. Seperti yang diketahui, Rio memang masih butuh dana besar untuk mengamankan posisinya di Manor.

Terobosan pun dibuat pemerintah RI, dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga. Mereka membuka program SMS Donasi Rio Haryanto, pada 17 April 2016.

Masyarakat bisa menyumbang dengan cara mengetik "Rio" kemudian dikirim ke 7788 semua operator dan pengguna akan terpotong pulsanya Rp 5.000. Kemenpora menargetkan bisa mendapatkan sekitar Rp 5 miliar hingga Rp 10 miliar dari SMS donasi.

"Pada dasarnya itu merupakan ide pemerintah yang ingin mendukung saya. Saya pikir ini ide yang bagus dengan banyaknya orang yang memberikan dukungan dan donasi. Saya tak tahu sudah berlangsung berapa lama, saya juga tak tahu berapa jumlah yang terkumpul," kata Rio Haryanto.

Video Populer

Foto Populer