Sukses


Rio Haryanto Pakai Power Unit Baru pada Balapan F1 GP Spanyol

Bola.com, Barcelona - Pebalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto, akan menggunakan power unit baru pada balapan F1 GP Spanyol, Minggu (15/5/2016).

Berdasarkan data laporan delegasi teknis FIA yang dikirim media relations Rio Haryanto kepada Bola.com, Sabtu (14/5/2016) siang, seluruh komponen power unit pada mobil Manor MRT05 pebalap berusia 23 tahun itu diganti, mulai dari internal combustion engine (ICE), turbocharger (TC), motor generator unit-heat (MGU-H), dan motor generator unit-kinetic (MGU-K).

Rio terpaksa memakai power unit baru karena mesin yang lama rusak parah imbas tertabrak mobil pebalap Force India, Nico Hulkenberg, pada F1 GP Rusia. Akibat insiden itu, pebalap asal Solo, Jawa Tengah, tersebut gagal finis untuk kedua kali pada musim ini.

"Power unit pada mobil Rio Haryanto diganti supaya lebih fresh pada balapan nanti," kata Cep Goldia, Media Relations Rio Haryanto.

Rio baru sekali mengganti komponen power unit sepanjang musim ini. Menurut regulasi, setiap pebalap mendapat kesempatan mengganti salah satu komponen power unit empat kali dalam semusim. Lebih dari itu, pebalap akan mendapat hukuman penalti turun 5-10 posisi start.

Rio bukan satu-satunya pebalap yang mengganti komponen power unit untuk balapan di Sirkuit Catalunya, Barcelona. Ada sembilan pebalap lain yang memutuskan mengambil langkah serupa, termasuk duo Mercedes, Nico Rosberg dan Lewis Hamilton. Nico Rosberg mengganti ICE dan MGU-K, sedangkan Hamilton bakal memakai TC dan MGU-H baru.

Selain power unit baru, Rio juga dibekali paket pengembangan mobil anyar di F1 GP Spanyol. Manor telah meng-upgrade mobil MRT05 terutama di bagian aerodinamika, seperti sayap depan dan belakang serta floor (lantai mobil).

Sejauh ini, update tersebut mulai memperlihatkan hasil. Pada sesi latihan bebas Jumat (13/5/2016), rekan Rio Haryanto, Pascal Wehrlein menyebut masalah degradasi ban yang menjadi penghalang pada empat seri awal mulai hilang. Pekerjaan rumah Manor saat ini tinggal meningkatkan keseimbangan mobil yang masih belum sempurna.

Video Populer

Foto Populer