Sukses


GP2 Spanyol: Sean Finis ke-13, Philo Apes Lagi

Bola.com, Barcelona - Sean Gelael finis di posisi ke-13 pada balapan kedua (sprint race) GP2 Spanyol di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Minggu (15/5/2016). Sementara pebalap Indonesia lainnya, Philo Paz Armand, bernasib kurang mujur karena gagal menyelesaikan balapan.

Start dari posisi ke-17, Sean memulai lomba dengan gemilang. Pebalap Pertamina Campos Racing itu langsung melesat ke posisi ke-12 alias naik lima posisi pada lap kedua.

Sebaliknya, Philo yang memulai lomba dari posisi ke-20 malah turun dua peringkat ke posisi buncit. Pebalap Trident itu bahkan harus mengakhiri lomba lebih awal pada lap ke-13 karena mobilnya bermasalah. Ini menjadi kedua kalinya Philo gagal finis setelah sebelumnya dia juga mundur di tengah lomba pada balapan pertama (feature race).

Sean mampu mempertahankan posisinya meski terus dibuntuti sang rekan setim, Mitch Evans. Berkali-kali Evans mencoba menyalip, tapi Sean mampu bertahan dengan baik dengan menutup ruang.

Pada lap ke-20, Evans disalip Sergey Sirotkin (ART Grand Prix). Satu lap berselang, giliran Sean yang di-overtake pebalap penguji Renault itu.

Pada lap ke-22, Sean terlibat insiden dengan pebalap Prema Racing, Antonio Giovinazzi. Ironisnya, Sean dan Giovinazzi sama-sama disponsori oleh Jagonya Ayam KFC Indonesia. 

Giovinazzi mencoba menyalip Sean dari sisi luar pada trek lurus sebelum tikungan ke-10. Namun, Sean menutup ruang. Akibatnya, Giovinazzi menabrak ban kiri belakang mobil Sean.

Kejadian mengerikan pun terjadi. Mobil Giovinazzi sempat terbang dan menabrak bagian belakang mobil Arthur Pic (Rapax) sebelum menabrak pembatas sirkuit dengan keras. Pic juga mesti mundur dari lomba karena mobilnya rusak.

"Sangat disayangkan Giovinazzi terlalu memaksakan diri. Posisi Sean sudah di racing line. Dalam balapan wajar jika seorang pebalap menutup ruang untuk mempertahankan posisi," kata Adrian Campos, pemilik tim Campos Racing, dalam rilis yang diterima Bola.com.

Mobil Giovinazzi rusak parah. Pebalap asal Italia itu terlihat baik-baik saja saat mencoba keluar dari mobil. Namun, beberapa saat kemudian dia seperti kesakitan sehingga harus mendapat bantuan dari tim medis.

Menurut akun Twitter Prema Racing, Giovinazzi langsung dibawa ke klinik sirkuit untuk diperiksa lebih lanjut. Sejauh ini belum ada keterangan resmi dari GP2 atau Prema Racing. Kabar di media sosial ada yang menyebut Giovinazzi mengalami patah kaki kiri, tapi sebagian menyebut dia hanya cedera ringan.

Usai insiden antara Sean dan Giovinazzi, balapan dilanjutkan di bawah kondisi safety car sampai lap 26. Sean masih bisa melanjutkan lomba dan finis di posisi ke-13. Artinya, pebalap berusia 19 tahun itu memenuhi target finis di posisi 15 besar. Sementara itu, Evans finis di peringkat ke-14.

Alex Lynn (DAMS) memenangi balapan sprint race GP2 Spanyol. Pebalap pengembang (development driver) Williams asal Inggris itu mengalahkan pebalap junior Red Bull, Pierre Gasly (Prema Racing) dan development driver Manor Racing, Jordan King (Racing Engineering). Bagi Lynn, ini merupakan kemenangan ketiganya di ajang GP2 dan kedua secara beruntun di sprint race GP2 Spanyol.

Gasly memimpin klasemen sementara GP2 dengan 32 poin hasil finis ketiga di feature race dan naik podium kedua pada sprint race GP2 Spanyol. Dia unggul lima poin atas Norman Nato (Racing Engineering). Sean Gelael dan Philo Paz Armand masih belum mendapatkan poin. Seri kedua GP2 Series 2016 akan digelar di Monte Carlo, Monako, 26-28 Mei 2016.

Hasil Lengkap Sprint Race GP2 Spanyol

Posisi-Pebalap-Tim-Waktu/Selisih

1. Alex Lynn (DAMS) 43 menit 50,241 detik
2. Pierre Gasly (Prema Racing) +0,377 detik
3. Jordan King (Racing Engineering) +1,120 detik
4. Artem Markelov (Russian Time) +2,168 detik
5. Raffaele Marciello (Russian Time) +3,382 detik
6. Oliver Rowland (MP Motorsport) +3,990 detik
7. Nicholas Latifi (DAMS) +4,584 detik
8. Nobuharu Matsushita (ART Grand Prix) +5,647 detik
9. Sergio Canamasas (Carlin) +8,115 detik
10. Gustav Malja (Rapax) +8,419 detik
11. Sergey Sirotkin (ART Grand Prix) +8,698 detik
12. Luca Ghiotto (Trident) +8,828 detik
13. Sean Gelael (Pertamina Campos Racing) +9,178 detik
14. Mitch Evans (Pertamina Campos Racing) +9,650 detik
15. Marvin Kirchhofer (Carlin) +10,152 detik
16. Norman Nato (Racing Engineering) +10,430 detik
17. Daniel de Jong (MP Motorsport) +10,726 detik
18. Nabil Jeffri (Arden International) +11,672 detik
19. Jimmy Erikkson (Arden International) +1 lap

Gagal Finis

Arthur Pic (Rapax) Lap ke-22
Antonio Giovinazzi (Prema Racing) Lap ke-22
Philo Paz Armand (Trident) Lap ke-13

Video Populer

Foto Populer