Sukses


Piala Thomas: Jonatan Menang, Indonesia Lolos ke Perempat Final

Bola.com, Kunshan - Tunggal putra, Jonatan Christie, memastikan langkah Indonesia ke babak perempat final Piala Thomas 2016. Turun pada pertandingan ketiga, di Kunshan, China, Selasa (17/5/2016), pebulutangkis muda Tanah Air tersebut sukses menundukkan pemain Thailand, Khosit Phetpradab, dalam pertarungan tiga gim dengan skor 15-21, 21-8, 21-17. 

Dengan hasil yang diraih Jonatan, Indonesia telah memastikan kemenangan atas Thailand dengan skor 3-0. Dua kemenangan sebelumnya dihasilkan oleh Tommy Sugiarto dan ganda Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi.

Tiket ke perempat final juga telah digaransi karena di pertandingan pertama Indonesia juga memetik kemenangan atas Hong Kong dengan skor sempurna 5-0.  

Pertandingan antara dua pemain muda Thailand berjalan menarik. Pada gim pertama, terjadi insiden yang menimpa tunggal Thailand. Saat unggul 4-2, Khosit justru mengalami insiden. Kaki kanannya terkilir akibat terpeleset saat hendak mengembalikan bola dari Jonatan. Setelah menerima perawatan, Khosit bisa melanjutkan pertandingan.

Meski demikian, performa Khosit tetap menawan. Bahkan, tunggal Thailand itu ungugl telak 11-6 atas Jonatan pada interval gim pertama. Jonatan mencoba mengejar namun gagal. Dia kerap melakukan kesalahan sendiri hingga akhirnya kalah 15-21 pada gim pertama.

Pada gim kedua, Jonatan berhasil bangkit. Pemain berusia 18 tahun tersebut langsung tancap gas. Dia terus memimpin sejak awal hingga akhir gim kedua. Sang lawan yang terus tertekan tak mampu mengembangkan permainan dan hanya mampu mendulang delapan poin. 

Performa impresif Jonatan terjaga pada gim ketiga. Namun, kali langkah Jonatan tak semulus pada gim kedia. Khosit memberikan perlawanan lebih alot sehingga Jonatan tak bisa langsung melesat. Bahkan, Khosit hampir menyamakan kedudukan pada skor 17-18. Namun, Jonatan Christie mampu tampil tenang sehingga akhirnya menutup gim penentuan ini dengan kemenangan. 

Tim Indonesia akhirnya sukses mengalahkan Thailand dengan skor 4-1. Indonesia sementara masih berada di puncak klasemen grup B, diikuti Thailand, Hong Kong dan India.

Satu poin yang lepas dari tangan Indonesia adalah partai keempat. Pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon ditaklukkan Puavaranukroh Dechapol/Bodin Issara, 14-21, 21-11, 17-21.

“Thailand memang mengincar kemenangan di tunggal pertama dan ganda kedua. Tipe permainan Kevin/Marcus sama dengan lawan. Kevin/Marcus tidak dapat tempo permainannya, lawan juga mengubah permainan mejadi cepat dan Kevin/Marcus terbawa irama permainan lawan,” jelas Kabid Pembinaan dan Prestasi PBSI, Rexy Mainaky, seperti dilansir PBSI.  

Indonesia menambah poin kemenangan lewat Anthony Sinisuka Ginting yang turun di partai terakhir melawan Adulrach Namkul. Pemain jebolan klub SGS PLN Bandung ini menang dengan skor 21-18, 21-19.

Masih ada satu laga penyisihan yang akan dilakoni tim Indonesia di grup B. India akan menjadi lawan Indonesia pada Rabu (18/5/2016) pukul 13.30 waktu Kunshan atau pukul 12.30 WIB.


Berikut ini hasil pertandingan tim Thomas Indonesia vs Thailand (4-1)

Tommy Sugiarto vs Tanongsak Saensomboonsuk 24-22, 21-18

Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi vs Kedren Kittinupong/Nipitphon Puangpuapech 20-22, 21-10, 21-12

Jonatan Christie vs Khosit Phetpradab 15-21, 21-8, 21-17

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon vs Puavaranukroh Dechapol/Bodin Issara 14-21, 21-11, 17-21

Anthony Sinisuka Ginting vs Adulrach Namkul 21-18, 21-19

 

Video Populer

Foto Populer