Sukses


Piala Thomas 2016: Tommy Disimpan, Hendra Duet dengan Marcus

Bola.com, Kunshan - Tim Indonesia merombak susunan komposisi pemain kala menghadapi India pada laga pamungkas Grup B Piala Thomas 2016 di Kunshan, China, Rabu (18/5/2016). Perubahan paling mencolok terjadi pada tunggal pertama dan ganda kedua.

Tommy Sugiarto yang selalu menjadi andalan pada dua laga awal kontra Hong Kong dan Thailand disimpan. Posisi Tommy sebagai tunggal utama digantikan Jonatan Christie.

“Saya sudah siap diturunkan jadi tunggal pertama. Kami datang ke Kunshan kan karena sudah siap dengan strategi apapun, termasuk jika diturunkan menjadi tunggal pertama,” kata Jonatan dalam rilis PBSI yang diterima Bola.com.

Anthony Sinisuka Ginting dipercaya menjadi tunggal kedua dan Ihsan Maulana Mustofa bakal turun pada partai terakhir.

“Dibanding kemarin, hari ini saya lebih siap karena sudah beradaptasi dengan keadaan lapangan. Ini adalah pertandingan beregu, saya lebih mempersiapkan diri dari segi mental dan pikiran,” ujar Anthony.

Pada nomor ganda, Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi kembali diandalkan untuk merebut poin. Angga/Ricky selalu menang pada dua laga awal dan sudah dipercaya menjadi ganda pertama saat Indonesia menang 4-1 atas Thailand, Selasa (17/5/2016).

“Kami memang harus siap menggantikan posisi senior kami sebagai ganda pertama. Menurut kami jadi ganda pertama dan kedua itu tak ada bedanya, sama-sama punya tanggung jawab menyumbangkan poin untuk tim,” kata Angga.

Sementara itu, tim pelatih merombak pasangan ganda kedua. Hendra Setiawan yang diistirahatkan pada laga kedua kembali bermain. Namun, partner kapten tim Thomas Indonesia itu bukan Mohammad Ahsan, melainkan Marcus Fernaldi Gideon.

Marcus sejatinya berpasangan dengan Kevin Sanjaya Sukamuljo. Akan tetapi, ketika dipercaya tampil saat menghadapi Thailand, Marcus/Kevin kalah dan gagal menyempurnakan kemenangan Indonesia.

“Tim Thomas yang akan turun melawan India sebagian besar adalah pemain muda, jadi kami sengaja menurunkan Hendra sebagai penyeimbang di tim supaya tidak tegang. Sama seperti yang kami lakukan saat menurunkan Greysia Polii di Tim Uber Indonesia melawan Hong Kong,” tutur Rexy Mainaky, Manajer Tim Thomas dan Uber Indonesia.

Laga Indonesia versus India akan disirkan secara langsung di Kompas TV pada pukul 12.00 WIB. Jika menang, Indonesia akan memantapkan posisi di puncak klasemen Grup B Piala Thomas 2016.

Susunan Pemain Indonesia vs India

Tunggal 1: Jonatan Christie vs Ajay Jayaram (rekor pertemuan: 0-0)
Ganda 1: Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi vs Manu Attri/Akshay Dewalkar (rekor pertemuan: 0-0)
Tunggal 2: Anthony Sinisuka Ginting vs B. Sai Praneeth (rekor pertemuan: 0-0)
Ganda 2: Marcus Gideon Fernaldi/Hendra Setiawan vs Sumeeth Reddy B./Satwiksairaj Rankireddy (rekor pertemuan: 0-0)
Tunggal 3: Ihsan Maulana Mustofa vs Sourabh Varma (rekor pertemuan: 0-0)

 

Video Populer

Foto Populer