Sukses


Pelita Jaya Tantang CLS pada Final IBL 2016

Bola.com, Jakarta - Pelita Jaya Energi Mega Persada Jakarta merebut tiket ke babak final Indonesian Basketball League (IBL) 2016 setelah menang dramatis 60-58 atas M88 Aspac Jakarta pada laga semifinal kedua di Britama Arena, Jakarta, Minggu (22/5/2016).

Pelita Jaya lolos karena sudah unggul 2-0 dalam duel yang memakai format best of three. Pada laga semifinal pertama, Sabtu (21/5/2016), tim asuhan Benjamin Alvarezsipin III itu menang 76-55.

Kapten tim Kelly Purwanto menjadi pahlawan kemenangan Pelita Jaya. Dia mencetak angka pertama dan terakhir dalam pertandingan tersebut.

Kelly membuka keunggulan Pelita Jaya saat laga baru berjalan 14 detik lewat aksi layup. Ketika skor imbang 58-58 pada pengujung kuarter keempat, Kelly melepaskan tembakan dua angka saat buzzer yang mulus menembus jaring untuk menuntaskan perlawanan Aspac.

Kelly dan Adhi Prasetyo Putra mencetak 10 poin. Ponsianus Nyoman Indrawan menjadi pengoleksi angka terbanyak Pelita Jaya dengan 11 poin. Di kubu Aspac, Andakara Prastawa Dhyaksa tampil produktif dengan membuat 26 poin. Namun, selain Prastawa tak ada satu pun pemain Aspac yang bisa mencetak dua digit angka.

"Gim yang tak mudah. Saya bersyukur kami bisa lolos ke babak final. Saya berikan kredit khusus buat Kelly. Dia dan juga Faisal Julius Achmad secara bergantian mampu menjaga keseimbangan tim," kata Benji, sapaan akrab Benjamin, dalam rilis IBL yang diterima Bola.com.

Pelita Jaya akan menghadapi CLS Knights Surabaya di babak final. Penguasa musim reguler IBL 2016 itu melaju setelah menaklukkan juara bertahan Satria Muda Pertamina Jakarta dengan skor 2-0.

Menang 63-48 pada laga pertama, CLS kembali mengalahkan Satria Muda di pertandingan kedua. Namun, kemenangan CLS diraih lewat perjuangan keras. Satria Muda memberikan perlawanan sengit hingga memaksa overtime setelah laga imbang 61-61 pada waktu normal.

CLS tampil lebih baik pada masa overtime. Dimotori shooter Sandy Febiansyakh, skuat besutan Wahyu Widayat Jati itu akhirnya merebut kemenangan dengan skor akhir 76-70.

Babak final IBL 2016 menggunakan format best of three. Gim pertama CLS Knights Surabaya kontra Pelita Jaya Energi Mega Persada Jakarta akan digelar di Britama Arena, Jakarta, pada Kamis (26/5/2016).

Video Populer

Foto Populer