Sukses


Sebulan Dekati 10 Sponsor, Ibu Rio Haryanto Sebut Hasilnya Nihil

Bola.com, Jakarta - Perjuangan Rio Haryanto untuk bisa membalap selama semusim penuh di Formula 1 (F1) semakin terjal. Sang ibunda, Indah Pennywati, mengatakan upaya pencarian sponsor baru untuk melunasi pembayaran 7 juta euro ke tim Manor Racing hasilnya nihil.

Indah mengatakan sudah mendekati sekitar 10 calon sponsor selama sebulan terakhir. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan perusahaan-perusahaan besar masih jadi sasaran manajemen Rio Haryanto. Indah tak mau memerinci nama-nama pihak yang sudah didekati. Namun, hasilnya masih nihil.

Kondisi ini membuat posisi Rio Haryanto di Manor Racing kian tak pasti. Pebalap berusia 23 tahun tersebut seharusnya sudah melunasi kekurangan 7 juta euro (Rp 107 miliar) pada 1 April. Tetapi, hingga hari ini Rio belum mampu membayar kewajibannya itu. Kans Rio membalap semusim penuh pun terancam. Jika tak kunjung membayar, seri GP Inggris pada awal Juli terancam jadi balapan terakhir Rio di ajang Formula 1 (F1) 2016.

"Kami masih usaha terus (mencari sponsor). Targetnya memang BUMN dan perusahaan-perusahaan besar karena nominalnya besar. Kami masih belum menyerah. Kami mencari lagi...mencari lagi. Saya dan Piers (Hunnisett, manajer Rio) mendata perusahaan mana saja. Kalau ada yang belum, langsung dihubungi. Kami kirim proposal lewat email atau telepon langsung," kata Indah menceritakan upayanya mencari dana untuk Rio, saat dihubungi bola.com, Senin (23/5/2016).

Indah mengatakan hampir tiap hari menjalani aktivitas pencarian sponsor tersebut melalui email dan telfon. Jika sudah ada respons dari pihak yang bersangkutan, Indah biasanya baru terbang ke Jakarta atau tempat lain untuk melakukan pembicaraan lebih lanjut.

"Yang kami temui itu kalau sudah ada respons atau memang minta ketemu. Tapi persentasenya (yang memberi lampu hijau soal sponsor) sedikit sekali. Ada yang bilang setelah bertemu hasilnya akan disampaikan ke atasan, tapi setelah itu mentok. Kebanyakan mundur karena tidak menyangka nominalnya tidak sebesar itu,” beber Indah.

Saat ditanya apakah ada peluang Pertamina bakal memberikan dana tambahan, Indah menjawab tidak. Menurutnya Pertamina kemungkinan tak akan menambah dana yang sudah dikucurkan untuk Rio Haryanto sebanyak 5 juta euro (Rp 76 miliar).

“Sekali lagi, yang jelas kami belum menyerah. Sebelum ada keputusan dari Manor, kami akan terus berusaha,” ujar Indah.

Saat ini, Rio Haryanto sedang mempersiapkan diri menghadapi F1 GP Monako yang akan berlangsung pada akhir pekan ini. Balapan di Monako adalah seri keenam dari total 21 seri sepanjang musim ini. Namun, jika gagal melunasi kewajiban ke Manor, petualangan Rio di ajang F1 kemungkinan terhenti pada seri ke-10.

Video Populer

Foto Populer