Sukses


Pol Espargaro Resmi Berpisah dengan Yamaha, Siapa Penggantinya?

Bola.com, Catalunya - Pebalap asal Spanyol, Pol Espargaro, mengumumkan tak memperpanjang kerja sama dengan Monster Yamaha Tech 3 setelah kontraknya habis pada akhir musim MotoGP 2016 ini. 

"Yamaha Motor Co., Ltd. mengumumkan bahwa Yamaha dan pebalap Monster Yamaha Tech 3, Pol Espargaro, akan berpisah pada akhir musim MotoGP 2016, ketika pebalap Spanyol itu akan mengawali tantangan baru di dunia balap," demikian pernyataan Yamaha, seperti dikutip Crash, Kamis (2/6/2016).

Yamaha juga memberikan apresiasi untuk Espargaro yang telah memberikan kontribusi penting untuk tim Yamaha Tech 3 sejak bergabung pada 2014. Mereka menegaskan akan tetap memberi dukungan penuh kepada Espargaro di sisa musim 2016.

Sinyal kepergian Espargaro dari tim satelit Yamaha sudah terlihat sejak beberapa waktu lalu. Espargaro pernah mengungkapkan keinginan untuk membela tim lain meski punya peluang mengisi posisi Jorge Lorenzo di tim Movistar Yamaha.

Kini yang jadi pertanyaan adalah calon pengganti Espargaro. Seperti diketahui, satu tempat di tim Yamaha Tech 3 sudah diisi pebalap Moto2, Jonas Folger, yang menggantikan peran Bradley Smith yang pindah ke KTM.

Sebelumnya, bos Yamaha Tech 3, Herve Poncharal, mengatakan hanya ada dua opsi yang bakal dilakukan timnya jika Espargaro pergi, merekrut pebalap berpengalaman atau kembali mendatangkan rookie.

Pilihan pertama tampaknya paling memungkinkan. Yamaha Tech 3 tak mau ambil risiko dengan menduetkan dua rookie pada balapan MotoGP 2017.

Saat ini, ada dua pebalap yang sudah punya pengalaman di MotoGP yang nasibnya belum jelas, yaitu Cal Crutchlow (LCR Honda) dan Aleix Espargaro (Suzuki).

Mengenai calon pengganti Pol Espargaro, Yamaha belum mau terbuka. "Pengganti Pol Espargaro di tim Yamaha Tech 3 pada musim 2017 akan diumumkan pada waktunya," ujar Yamaha.

Video Populer

Foto Populer