Sukses


Belum Raih Poin, Manor Tak Salahkan Rio Haryanto dan Wehrlein

Bola.com, Montreal - Manor Racing belum mampu mendulang poin pada balapan Formula 1 (F1 ) musim 2016. Menurut Race Director Manor, Dave Ryan, kondisi ini bukan disebabkan kegagalan kedua pebalap mereka, Rio Haryanto dan Pascal Wehrlein.

Hingga balapan keenam, Wehrlein selalu berhasil merampungkan balapan. Sedangkan Rio dua kali gagal finis karena masalah teknis dan crash. Namun, keduanya belum mampu menyumbangkan poin bagi tim yang bermarkas di Inggris tersebut.

Ryan meyakini pebalap rookie mereka, Wehrlein dan Rio, telah melakukan yang terbaik dengan mobil mereka. Namun, hasilnya belum sesuai harapan.

Manor terbukti masih tertinggal sangat jauh, terutama dengan tim-tim papan atas. Bukti teranyar, Wehrlein dan Rio, harus rela finis ke-14 dan ke-15 pada balapan GP Monako dua pekan lalu. Keduanya berada pada posisi paling belakang di antara pebalap yang berhasil finis. Wehrlein terpaut dua lap dari sang juara GP Monako, Lewis Hamilton, sedangkan Rio berselisih empat lap.

"Kami mendapat mesin yang sama dengan Mercedes dan lihat betapa cepat mereka," kata Ryan, seperti dilansir Autosport, Selasa (7/6/2016).

"Jadi kini urusannya adalah mobil dan para pebalap. Saya harus mengatakan para pebalap kami telah melakukan pekerjaan dengan sangat baik. Saya tak bisa menyalahkan mereka," ujar Ryan.

Meski belum kompetitif, Ryan mengaku timnya belum menyerah mengembangkan mobil MRT05 versi 2016. Dia optimistis bisa membuat kemajuan sebelum tim mengalihkan fokus untuk mengembangkan mobil edisi 2017.

"Kami masih bekerja keras dengan mobil 2016, karena kami perlu memahami apa yang kami dapatkan. Kami berutang memberikan mobil terbaik untuk kedua pebalap kami. Tak ada dari kami yang hanya duduk-duduk saja dan berkata ‘Sudahlah, mari berkemas dan tunggu apa yang terjadi tahun depan’. Jika melakukan ini, kami tak akan berakhir di mana-mana," ujar Ryan.

Rio Haryanto dan Wehrlein bakal kembali berjuang meraih hasil terbaik pada balapan F1 GP Kanada akhir pekan ini. Sesi latihan bebas bakal dimulai pada Jumat (10/6/2016), sedangkan balapan berlangsung Minggu (12/6/2016).  

Video Populer

Foto Populer