Sukses


F1 GP Kanada: Hamilton Kalahkan Vettel, Rio Posisi 19

Bola.com, Montreal - Pebalap Mercedes GP, Lewis Hamilton, keluar sebagai juara balapan F1 GP Kanada, Minggu (12/6/2016) atau Senin (13/6/2016) dini hari WIB. Ini merupakan kemenangan kelima Hamilton di Sirkuit Gilles-Villenueve.

Hamilton juara setelah mengalahkan pebalap Ferrari, Sebastian Vettel, yang menempati posisi kedua. Sementara posisi ketiga ditempati pebalap Williams, Valtteri Bottas. Dia menggungguli Max Verstappen (Red Bull Racing) dan Nico Rosberg (Mercedes GP), yang finis keempat dan kelima.

Sementara pebalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto, finis ke-19 pada balapan kali ini. Sedangkan rekan setimnya, Pascal Werhrlein, mampu finis di posisi ke-17.

Vettel sebenarnya mengawali balapan dengan luar biasa. Selepas start, dia sukses menyalip Hamilton dan Rosberg yang berada di depannya sebelum tikungan pertama.

Sementara Rio yang mulai dari posisi ke-19 justru melorot ke posisi 21. Berbeda dengan Wehrlein yang sukses mempertahankan posisinya, yaitu 17.

Pada lap ke-6, Rio sukses memperbaiki posisinya. Pebalap berusia 23 tahun itu menyalip jagoan Renault, Kevin Magnussen. Rio kini berada di posisi ke-20. 

Nasib apes dialami pebalap McLaren, Jenson Button. Mobilnya mengalami masalah mesin sehingga tak mampu melanjutkan balapan. Virtual safety car dikeluarkan akibat insiden ini.

Momen ini dimanfaatkan Vettel untuk masuk ke pit. Setelah keluar pit, Vettel melorot ke posisi keempat.

Pada lap ke-14, Rio nangkring pada posisi ke-15 setelah beberapa pebalap melakukan pitstop. Namun posisi itu tak bertahan lama karena pebalap kelahiran Solo, Jawa Tengah, itu masuk pit pada lap ke-17.

Vettel membuat aksi menakjubkan pada lap ke-19. Pebalap asal Jerman itu menyalip dua pebalap Red Bull Racing, Daniel Ricciardo dan Max Verstappen, untuk naik ke posisi kedua.

Joylon Palmer menjadi pebalap kedua yang gagal melanjutkan balapan di Sirkuit Gilles-Villenueve. Pebalap Renault tersebut juga mengalami masalah pada mobilnya.

Pada lap ke-24, Vettel kembali berada di posisi terdepan setelah Hamilton melakukan pitstop. Dia unggul 10,467 detik atas Hamilton.


Rio memperlihatkan ambisinya untuk meraih hasil lebih baik. Ini terlihat dari kecepatan Rio yang menempati posisi kedua berdasarkan speed trap pada lap ke-30. Pada lap ke-36, Rio naik ke posisi 19 setelah Felipe Nasr yang berada di depannya masuk ke pit.

Pada lap ke-38, giliran Felipe Massa yang menarik diri dari balapan. Alasannya sama seperti Palmer dan Button, masalah pada mobilnya. Pada lap yang sama, posisi Vettel kembali disalip Hamilton. Ini karena jagoan Ferrari itu masuk pit untuk mengganti bannya. 

Hamilton mampu mempertahankan posisinya dari kejaran Vettel. Hingga finis, Hamilton tetap berara di posisi terdepan. Sementara Rio Haryanto berada di posisi ke-19 saat menyentuh garis finis.

Hasil lengkap balapan F1 GP Kanada di Sirkuit Gilles Villenueve, Minggu (12/6/2016) atau Senin (13/6/2016) dini hari WIB:

1. Lewis Hamilton Mercedes 1 jam 31 menit 5,296 detik
2. Sebastian Vettel Ferrari +5,0 detik
3. Valtteri Bottas Williams +46,4 detik
4. Max Verstappen Red Bull +53,0s detik
5. Nico Rosberg Mercedes +62,0 detik
6. Kimi Raikkonen Ferrari +63,0 detik
7. Daniel Ricciardo Red Bull +63,6 detik
8. Nico Hulkenberg Force India +1 lap
9. Carlos Sainz Jr Toro Rosso +1 lap
10. Sergio Perez Force India +1 lap
11. Fernando Alonso McLaren +1 lap
12. Daniil Kvyat Toro Rosso +1 lap
13. Esteban Gutierrez Haas +2 laps
14. Romain Grosjean Haas +2 laps
15. Marcus Ericsson Sauber +2 laps
16. Kevin Magnussen Renault +2 laps
17. Pascal Wehrlein MRT +2 laps
18. Felipe Nasr Sauber +2 laps
19. Rio Haryanto MRT +2 laps
Felipe Massa Williams Gagal finis
Jolyon Palmer Renault Gagal finis
Jenson Button McLaren Gagal finis

Video Populer

Foto Populer