Sukses


7 Pebulutangkis Terkaya Sepanjang Masa

Bola.com, Jakarta Bulutangkis olahraga yang sangat populer di Asia. Namun, pamor bulutangkis di Eropa kalah jauh dibandingkan tenis. Tak sedikit orang yang menilai olahraga ini kering uang. Namun, atlet yang sukses dan memenangi banyak turnamen bisa mendulang banyak uang dari bulutangkis.

Penghasilan tinggi bisa didapatkan dari uang hadiah turnamen, sponsorship, hingga bonus dari merebut medali emas di event besar seperti Asian Games dan Olimpiade .

Berdasarkan data yang dikumpulkan Crunchysports, hingga awal 2016, label pemain terkaya di dunia sepanjang masa, berhak disandang pemain senior Malaysia, Lee Chong Wei. Kekayaan itu didapatkan dari uang hasil turnamen dan kesepakatan komersial. Lalu, siapa saja pemain lain yang masuk daftar ini?

Inilah 7 atlet bulutangkis terkaya sepanjang masa:

1.Lee Chong Wei (Malaysia) : Rp 1, 004 triliun

Bintang bulutangkis Malaysia, Lee Chong Wei. (Bola..com/Nicklas Hanoatubun)

Hadiah turnamen: Rp 937,8 miliar
Iklan dan Sponsor: Rp 66,9 miliar

Lee Chong Wei menjadi salah satu pemain tersukses dan terkaya karena berhasil mendapatkan uang sponsor yang sangat besar, antara lain dari Pentens Eco dan Malaysia on te Move. Namun, kekayaan terbesarnya berasal dari hadiah turnamen, termasuk bonus merebut medali perak di ajang Olimpiade 2008 dan 2012.

Pemain yang sangat lama menduduki peringkat satu dunia tersebut memenangi banyak uang segar dari turnamen-turnamen besar seperti Malaysia Masters, Hong Kong Terbuka, All England, China Terbuka, Prancis Terbuka, plus Indonesia Terbuka.

2. Lin Dan (China) : Rp 442,1 miliar

Lin Dan saat tampil pada Turnamen Indonesia Open 2016 di Istrora Senayan, Jakarta, Rabu (1/6/2016). (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Hadiah turnamen: Rp 395,2 miliar
Iklan dan sponsor: Rp 46,8 miliar

Lin Dan adalah superstar bulutangkis dunia. Hampir semua turnamen besar telah diikuti dan dimenanginya. Selain itu, dia didukung oleh berbagai sponsor besar, termasuk Gillete dan Yonex. kini Li Ning. Pria asal China tersebut juga pemegang dua medali emas Olimpiade, 2008 dan 2012. Bonus besar pun diraup Super Dan berkat keberhasilannya tersebut.

Lin Dan juga meraup banyak uang dari turnamen-turnamen seperti Super Series Masters Finals , Badminton Asia Championships , Kejuaraan Dunia 2006, dan China Masters.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

1

3. Chen Long (China) : Rp 267,9 miliar

Hadiah turnamen: Rp 261,2 miliar
Iklan dan sponsor: Rp 6,6 miliar

Chen Long masih aktif sebagai pemain bulutangkis dan kini menempati ranking dua dunia. Dia diprediksi bakal bisa melewati kekayaan Lin Dan dalam beberapa tahun ke depan. Chen Long meraup banyak uang setelah memenangi lebih dari 25 titel dalam turnamen-turnamen besar. Hadiah dari turnamen-turnamen itulah yang melambungkan Chen Long ke peringkat atas daftar pebulutangkis terkaya sepanjang masa.  

Kualitas Chen Long di lapangan juga tak perlu diragukan. Dia mampu mengalahkan pemain-pemain top seperti Lee Chong Wei, Lin Dan, dan Kento Momota dalam perhelatan Kejuaraan Dunia 2014 dan 2015. Dia juga pemegang medali perunggu untuk China di ajang Olimpiade London 2012.

4. Peter Gade (Denmark): Rp 267,9 miliar

Pebulutangkis legendaris asal Denmar, Peter Gade (kanan). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Hadiah turnamen: Rp 241,1 miliar
Iklan dan sponsor: Rp 26,7 miliar

Peter Gade telah gantung raket, namun pemain Denmark ini masih tercantum dalam daftar pebulutangkis terkaya sepanjang masa. Kehebatannya di lapangan tak perlu diragukan. Dia adalah juara lima kali pada Kejuaraan Eropa dan empat kali merebut medali perunggu di ajang Kejuaraan Dunia, serta sekali meraih medali perak.

5. Saina Nehwal (India) : Rp 254,4 miliar

Pebulutangkis tunggal putri India, Saina Nehwal, menggerakan tangan untuk membersihkan mata saat laga perempat final BCA Indonesia Open di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (3/6/2016). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Hadiah turnamen: Rp 140,6 miliar
Iklan dan sponsor: Rp 113,8 miliar

Saina Nehwal menjadi satu-satunya pemain putri yang mampu menembus peringkat lima besar. Dia tampil luar biasa untuk India pada sejumlah turnamen besar, termasuk Olimpiade dan Asian Games. Sejumlah produk menjadi sponsor Nehwal, antara lain Fortune , Air tel, Herbalife , dan Kellogg’s. Dia menjadi pemain putri berbayaran tertinggi di Liga Bulutangkis India.

3 dari 3 halaman

2

6. Taufik Hidayat (Indonesia): Rp 100,4 miliar

Hadiah turnamen: Rp 93,78 miliar
Iklan dan Sponsor: Rp 6,69 miliar

Taufik Hidayat merupakan legenda bulutangkis Indonesia yang pensiun pada 2014, serta sempat memuncaki ranking dunia pada 2001. Prestasi Taufik sangat mentereng. Dia merengkuh medali emas pada Olimpiade Athena 2004, serta tiga kali meraih medali emas di ajang Asian Games.

Selain itu, Taufik juga menjadi juara dunia pada 2005. Tak heran, pundi-pundi uangnya sangat besar karena mendapat hadiah dan bonus dari berbagai turnamen bergengsi.

7. Jan O Jorgensen (Denmark) : Rp 73,6 miliar

Jan O Jorgensen melihat kok yang melayang didepannya saat melawan Lee Chong Wei pada final tunggal putra BCA Indonesia Open 2016 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (5/6/2016). (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Hadiah turnamen: Rp 66,9 miliar
Iklan dan Sponsor: Rp 6,69 miliar

Pemain Denmark ini memenangi Kejuaraan Eropa Bulutangkis pada 2014 di Kazan, serta jadi runner-up pada turnamen serupa di Manchester, Inggris (2010). Dia juga banyak memenangi event besar seperti Jerman Terbuka 2015, Indonesia Terbuka 2014 , dan Prancis Terbuka pada 2013.

Pundi-pundi kekayaan Jan O Jorgensen dipastikan bakal terus karena masih aktif bermain. Pemain Denmark tersebut juga baru saja memenangi kejuaraan berhadiah besar, Austalia Terbuka 2016, serta menjadi runner-up Indonesia Open 2016.

Video Populer

Foto Populer