Sukses


Soal Pembayaran, Ini Kelonggaran yang Diberikan Manor untuk Rio

Bola.com, Jakarta - Pertemuan antara Direktur Manor Racing, Abdulla Boulsien, dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, di Kantor Kemenpora, Selasa (14/6/2016), berdampak positif terhadap tenggat waktu pelunasan dana yang harus dibayarkan  Rio  Haryanto. Manor mengisyaratkan bersedia menunggu konformasi dari manajemen Rio hingga awal Juli atau sebelum F1 GP Inggris.

Ditemani ibunda Rio, Indah Pennywati, Boulsien dan Menpora membicarakan kemungkinan sang pebalap bertahan di Manor. Tak hanya pada 2016, tapi juga pada 2017 dan 2018. Ini merupakan pertemuan ketiga antara Boulsien dengan Menpora. Namun, pertemuan ini tak menjamin Rio bakal bertahan di Manor hingga akhir musim.

Pebalap asal Solo, Jawa Tengah tersebut, tetap harus melunasi kewajiban menyetor dana senilai 15 juta euro (Rp 224 miliar) kepada Manor Racing. Rio baru menyetor senilai 8 juta euro, yang berasal dari Pertamina selaku sponsor (5 juta euro atau Rp 74,9 miliar) dan kocek pribadi senilai 3 juta euro (Rp 44,9 miliar). Utang senilai 7 juta euro (Rp 104 miliar) tersebut seharusnya dilunasi pada 1 April. Namun, hingga sekarang manajemen Rio belum bisa membayar karena belum berhasil menggaet sponsor baru. 

Tim asal Inggris itu sudah beberapa kali menanyakan soal pelunasan utang kepada manajemen Rio. Bahkan, manajer Rio, Piers Hunnisett, mengakui Rio bisa dicoret kapan saja jika gagal melunasi kewajibannya. Namun, setelah bertemu Menpora, Manor memberikan sinyal positif. Indah menilai Manor mau menunggu lebih lama lagi pembayaran dari Rio.

"Kalau soal pembayaran, Manor tetap minta dilunasi. Soalnya uang itu kan untuk operasional mereka," kata ibunda Rio, Indah Pennywati, saat dihubungi Bola.com, Rabu (15/6/2016).

"Saya menangkap dalam pertemuan kemarin, ada kelonggaran sampai awal Juli bagi kami untuk memberikan konfirmasi soal kesanggupan membayar. Jadi awal Juli itu kami harus bisa memberikan konfirmasi, bukan harus langsung membayar," beber Indah.

Dalam beberapa kesempatan Indah menyatakan Manor memang fokus menagih konformasi dari manajemen Rio, soal kesanggupan dan waktu pelunasan. Jika sudah ada konfirmasi, waktu pembayaran bisa didiskusikan lagi. Namun, sampai sekarang Indah mengaku belum berani memberikan konfirmasi.

"Mau memberi konfirmasi juga tidak berani, uangnya saja belum ada," tegas Indah.

Sementara itu, Rio Haryanto kini sedang bersiap menjalani balapan F1 GP Azerbaijan di Sirkuit Jalan Raya Baku, pada akhir pekan ini. Pebalap berusia 23 tahun tersebut telah tiba di Azerbaijan sejak Selasa (14/6/2016).  

Video Populer

Foto Populer