Sukses


FIA Renovasi Sirkuit Baku demi Keselamatan Pebalap

Bola.com, Baku - Federasi Otomotif Internasional (FIA) bergerak cepat menyikapi masalah yang muncul pada sesi latihan bebas pertama (FP1) F1 GP Baku di Azerbaijan, Jumat (17/6/2016). FIA mengubah beberapa bagian trek Baku City Circuit demi keselamatan pebalap.

Masalah utama terletak pada kerb di beberapa tikungan. Sekrup penyangga kerb banyak yang lepas sehingga menyebabkan ban mobil mengalami kerusakan. Jika dibiarkan, ban bisa pecah dan itu berbahaya mengingat karakter sirkuit Baku yang sempit tapi cepat.

Problem pada kerb diketahui oleh Pirelli selaku pemasok ban selepas FP1. Akibatnya, sesi kualifikasi GP2 yang sedianya digelar setelah FP1 F1 diundur guna memberikan kesempatan petugas sirkuit melakukan pemeriksaan dan perbaikan pada kerb.

Saat sesi latihan bebas kedua (FP2), FIA meminta para pebalap sebisa mungkin menghindari kerb pada tikungan 6. Kerb itu diduga kuat menjadi penyebab masalah ban yang muncul pada FP1.

Khawatir masalah yang sama terulang pada dua hari tersisa, FIA akhirnya memutuskan melakukan perubahan minor pada trek setelah FP2.

Seperti dilansir Motorsport.com pada Jumat (17/6/2016) malam, exit kerb pada tikungan 6 dan 12 dilepas untuk diganti dengan versi cat. Apex kerb pada tikungan 13 juga dilepas meskipun tak digunakan sebagai racing line.

Selain masalah kerb, sorotan utama sejak sebelum sesi latihan Jumat dimulai adalah soal pit entry (jalan masuk ke pit). Dalam briefing pebalap, pit entry sirkuit Baku menjadi bahan perdebatan utama karena keberadaan chicane yang sempit dianggap berpotensi menimbulkan kecelakaan besar.

Pebalap juga mengaku kesulitan melihat garis putih pada pit entry karena trek lurus utama sirkuit yang bergelombang.

Setelah mendengar masukan pebalap, FIA memutuskan memperpanjang garis pit entry dan memindahkannya ke sebelah kiri. Pada pintu masuk juga dibuatkan tanda pit entry baru untuk memudahkan pebalap.

Namun, demi alasan keselamatan, pebalap tak diperbolehkan melintasi garis putih. Bagian kiri trek sebelum pit entry khusus disediakan bagi pebalap yang akan masuk pit. Artinya, pebalap tak bisa masuk pit secara mendadak dan memotong dari kanan karena akan melintasi garis putih.

Pit exit (jalan keluar dari pit ke trek lomba) juga tak lepas dari perubahan. FIA mencopot apex kerb pada pit exit dan menggantinya dengan versi cat.

Video Populer

Foto Populer