Sukses


F1 GP Baku: Start di Posisi ke-17, Rio Haryanto Panen Pujian

Bola.com, Baku - Pebalap Indonesia, Rio Haryanto, tampil impresif dan menjadi pusat perhatian pada sesi kualifikasi pertama (Q1) F1 GP Baku, Sabtu (18/6/2016). Pujian pun mengalir dari berbagai pihak untuk pebalap Manor Racing tersebut. 

Dalam sesi tersebut, Rio menorehkan catatan waktu 1 menit 45,665 detik dan berhak start dari posisi ke-17. Catatan waktunya hanya berselisih 0,116 detik dari pebalap Sauber, Felipe Nasr, yang lolos ke kualifikasi kedua. Ini adalah start terbaik Rio sejak berkiprah di ajang F1. 

Pebalap kelahiran Solo, Jawa Tengah, ini sebenarnya punya peluang untuk lolos ke sesi kualifikasi kedua. Namun, pada kesempatan terakhir Manor meminta Rio masuk ke dalam pit. 

Meski kalah dari Nasr, Rio berhasil mengungguli rekan setimnya, Pascal Wehrlein, Jenson Button (McLaren), Marcus Ericsson (Sauber), serta duo Renault, Kevin Magnussen dan Jolyon Palmer. Tak heran, pebalap berusia 23 tahun ini panen pujian, mulai dari Manor hingga sejumlah media luar negeri, serta dari tim Mercedes.

Pujian pertama datang dari Manor Racing, yang gembira karena ini merupakan hasil kualifikasi terbaik sepanjang 2016. Rio di urutan ke-17, sedangkan Wehrlein satu setrip di belakangnya. 

"Ini adalah kualifikasi terkuat kami sepanjang tahun. Memiliki dua mobil yang hampir lolos ke Q2, di depan duo Renault, Sauber, Mclaren, adalah pencapaian hebat. Ini menunjukkan seberapa jauh progres kami. Jadi selamat untuk seluruh tim dan terutama Rio serta Wehrlein yang tampil sangat bagus sepanjang hari," kata Direktur Balapan Manor, Dave Ryan, dalam rilis kepada Bola.com. 

Situs  FormulaSpy.com bahkan menyebut Rio sebagai bintang kualifikasi pertama, karena mampu mengungguli rekan setimnya serta pebalap Renault, McLaren, dan Sauber. Pujian untuk pebalap asal Solo tersebut dilontarkan melalui akun Twitter mereka.  

"Catatan menarik, kini Rio Haryanto lebih cepat daripada Jenson Button. Juga lebih cepat daripada Wehrlein dan dua Renault. Rio Haryanto adalah bintang Q1, mengungguli rekan setimnya dan Renault," cuit FormulaSpy di Twitter. 

Pujian juga datang dari komentator F1, pengelola Sirkuit Yas Marina Abu Dhabi, hingga tim Mercedes. Namun, Mercedes lebih menyoroti kiprah Manor secara keseluruhan yang menunjukkan perkembangan signifikan.   

 

Video Populer

Foto Populer