Sukses


Tommy Sugiarto: Raih Medali Emas Olimpiade, Kenapa Tidak?

Bola.com, Sukabumi - Tommy Sugiarto merupakan satu-satunya pebulutangkis tunggal putra yang akan mewakili Indonesia di Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Padahal, Tommy saat ini sudah tak lagi berstatus sebagai pemain pelatnas PBSI.

Tommy lolos karena bertengger di ranking 10 besar dunia. Peringkatnya masih di atas pemain tunggal putra Indonesia lainnya.

"Ini Olimpiade pertama saya. Buat lolos kualifikasi tak mudah perjuangannya. Apalagi pemain lain, terutama yang di pelatnas, juga pasti mau tampil di Olimpiade. Saya senang karena pengorbanan saya selama ini untuk bisa mewakili Indonesia di Olimpiade terbayar. Kesempatan langka ini tak akan saya sia-siakan," kata Tommy kepada Djarum Badminton, Selasa (21/6/2016). 

Saat ini, Tommy sedang memantapkan persiapan sebelum berangkat ke Rio. Latihan fisik menjadi fokus utama Tommy pada fase awal persiapan. Tommy sudah tak ikut turnamen lagi setelah tampil di Indonesia Open Super Series Premier 2016.

"Masih ada 40 hari lagi sebelum berangkat ke Rio. Sekarang saya banyak melatih fisik. Nanti menjelang berangkat baru fokus latihan teknik dan melakukan analisis permainan lawan. Yang pasti saya siap tampil di Olimpiade karena sudah melakukan persiapan sejak jauh-jauh hari," ujar Tommy.

Dengan persiapan yang matang, Tommy optimistis mampu tampil baik di Olimpiade 2016. Walau mungkin tak jadi unggulan teratas, dia merasa peluang meraih sukses terbuka lebar.

"Pada turnamen sebelum Olimpiade tak banyak pemain yang bisa konsisten jadi juara. Juaranya selalu ganti-ganti. Jadi kans itu tetap ada. Yang membedakan di Olimpiade adalah kesiapan, konsentrasi, dan fokus masing-masing atlet. Siapa yang lebih siap, dia yang bakal jadi juara," kata Tommy.

Tommy menyebut pemain penghuni ranking lima besar dunia sebagai lawan terberat di Rio de Janeiro. "Unggulan teratas seperti Lee Chong Wei (Malaysia), Lin Dan (China), Chen Long (China), Jan O Jorgensen (Denmark), dan Viktor Axelsen (Denmark) bakal jadi rival terkuat," ujarnya.

Tommy punya target khusus di Olimpiade. Dia berharap bisa membawa pulang medali.

"Minimal merebut perunggu. Namun, kalau ada jalan, medali emas Olimpiade pun masih mungkin diraih," kata Tommy Sugiarto.

Video Populer

Foto Populer