Sukses


F1 GP Inggris: Hamilton Juara, Rio dan Wehrlein Gagal Finis

Bola.com, Silvestone - Pebalap Mercedes GP, Lewis Hamilton, menjadi juara balapan F1 GP Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu (10/7/2016). Sementara dua pebalap Manor Racing, Rio Haryanto dan Pascal Wehrlein, gagal menyelesaikan balapan.

Hamilton juara setelah mendominasi balapan. Dia unggul jauh dari rekan setimnya, Nico Rosberg, yang finis kedua. Sedangkan pebalap Red Bull Racing, Max Verstappen, menyelesaikan balapan pada posisi ketiga.

Balapan dimulai dengan safety car berada di depan para pebalap. Ini karena trek Sirkuit Silverstone yang basah usai diguyur hujan. Formation lap pun terpaksa ditiadakan.

Pada lap ke-6, safety car pun keluar lintasan dan balapan sesungguhnya dimulai. Beberapa pebalap justru memilih masuk pit untuk mengganti ban. Hal ini membuat Rio Haryanto naik ke posisi 10.

Satu lap berselang, nasib kurang baik dialami Wehrlein. Pebalap asal Jerman ini melintir dan keluar lintasan. Wehrlein pun mengakhiri balapan lebih cepat.

Pada lap ke-11, Valtteri Bottas juga mengalami insiden. Mobilnya melintir, namun tak sampai memaksanya berhenti balapan.

Persaingan sengit terjadi antara Rosberg dengan Verstappen. Keduanya saling salip menyalip untuk memperebutkan posisi kedua. Pada lap ke-17, Verstappen yang jadi pemenang.

Kesalahan fatal dibuat Renault saat Joylon Palmer melakukan pit stop pada lap ke-17. Pebalap berusia 25 tahun itu nyaris meninggalkan pit tanpa ban bagian belakang sebelah kanan. Beruntung dia belum sempat keluar pit.

Kesalahan Palmer itu memberi keuntungan kepada Rio. Pebalap berusia 23 tahun itu naik ke posisi 18. Ini juga tak lepas dari mundurnya Romain Grosjean akibat masalah teknis.

Nasib sial dialami Rio pada lap ke-27. Dia melintir hingga ke gravel pada tikungan pertama. Pebalap kelahiran Solo, Jawa Tengah, itu pun terpaksa mengakhiri balapan.

Tikungan pertama memang jadi sektor yang paling menakutkan pada balapan ini. Sejumlah pebalap nyaris berhenti balapan akibat melintir di tikungan ini. Termasuk Hamilton, Fernando Alonso, Carlos Sainz, Kimi Raikkonen dan Sebastian Vettel.

Hamilton yang merebut pole, tetap nyaman di posisi terdepan. Persaingan panas justru terjadi dalam perebutan posisi kedua. Verstappen dan Rosberg terus terlibat "pertarungan".

Pada lap ke-38, Rosberg melakukan manuver apik untuk menyalip Verstappen. Ini seperti pebalasan sempurna pebalap asal Jerman itu setelah disalip Verstappen pada ke-17.

Palmer mengikuti jejak Wehrlein, Ericcson, Grosjean, dan Rio, mengakhiri balapan lebih cepat. Pebalap Renault ini tampak mengalami masalah pada jet daratnya.

Sementara itu, Vettel mendapat hukuman penalti lima menit karena telah melakukan pelanggaran. Pebalap Jerman itu dihukum karena memaksa Felipe Massa keluar trek.

Saat balapan tersisa empat lap, Raikkonen berhasil menyodok ke posisi empat. Pebalap Ferrari ini menyalip pebalap Force India, Sergio Perez.

Jelang akhir balapan, Verstappen terus mengancam posisi Rosberg. Masalah girboks memaksa Rosberg berusaha sekuat tenaga untuk tidak disalip pebalap Red Bull tersebut. Hingga akhir balapan, Rosberg tetap mempertahankan posisi kedua di depan Verstappen. Sementara Hamilton kembali menjadi juara di kandangnya sendiri.

Berikut ini hasil balapan F1 GP Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu (10/7/2016):

1. Lewis Hamilton Mercedes 1 jam 34 menit 55,831 detik
2. Nico Rosberg Mercedes 6,9 detik
3. Max Verstappen Red Bull 8,2 detik
4. Daniel Ricciardo Red Bull 26,2 detik
5. Kimi Raikkonen Ferrari 69,7 detik
6. Sergio Perez Force India 76,9 detik
7. Nico Hulkenberg Force India 77,7 detik
8. Carlos Sainz Jr Toro Rosso 85,8 detik
9. Sebastian Vettel Ferrari 91,6 detik
10. Daniil Kvyat Toro Rosso 92,6 detik
11. Felipe Massa Williams +1 lap
12. Jenson Button McLaren +1 lap
13. Fernando Alonso McLaren +1 lap
14. Valtteri Bottas Williams +1 lap
15. Felipe Nasr Sauber +1 lap
16. Esteban Gutierrez Haas +1 lap
17. Kevin Magnussen Renault +3 laps
Jolyon Palmer Renault Gagal finis
Rio Haryanto MRT Gagal finis
Romain Grosjean Haas Gagal finis
Marcus Ericsson Sauber Gagal finis
Pascal Wehrlein MRT Gagal finis

Video Populer

Foto Populer