Sukses


Tes F1: Pebalap Muda Dominan, Mercedes Turunkan Wehrlein

Bola.com, Silverstone - Setelah menjalani GP Inggris, sebagian pebalap F1 akan kembali beraksi di Sirkuit Silverstone pada tes tengah musim kedua, Selasa-Rabu (12-13/7/2016). Tes selama dua hari ini didominasi oleh para pebalap muda.

Mercedes memberikan jatah libur kepada dua pebalap utama, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg. Tim Panah Perak akan menurunkan reserve driver Renault, Esteban Ocon, dan pebalap Manor Racing, Pascal Wehrlein.

Ocon dan Wehrlein bakal menggeber mobil edisi 2014. Keduanya mendapat tugas menguji ban Pirelli untuk musim 2017.

Namun, Ocon dan Wehrlein bukan menguji ban baru yang berukuran lebih lebar. Mereka akan menjajal bahan dan komponen baru yang dikembangkan Pirelli untuk ban musim depan.

"Ini tes yang menarik buat Pirelli, Mercedes, dan juga saya karena bakal menjajal ban untuk tahun depan. Saya sangat senang bisa mencobanya," kata Wehrlein seperti dilansir en.f1i.com.

Ferrari memberikan kesempatan kepada development driver, Charles Leclerc, untuk turun pada hari pertama sebelum menyerahkan tugas kepada Kimi Raikkonen. Leclerc sebelumnya tampil pada sesi latihan bebas pertama GP Inggris bareng Haas.

Red Bull akan menurunkan pebalap GP2, Pierre Gasly, selama dua hari untuk mengendarai RB12. Sementara itu, Fernando Alonso dan Stoffel Vandoorne bakal berbagi tugas untuk McLaren.

Ada tiga pebalap yang bakal menjajal jet darat F1 untuk pertama kali pada tes ini, yaitu Sergio Sette-Camara (Toro Rosso), Nikita Mazepin (Force India), dan Santino Ferrucci (Haas). Sette-Camara akan bergantian dengan Carlos Sainz Jr., sedangkan Mazepin dan Ferrucci beraksi selama dua hari.

Williams memberikan mandat kepada Valtteri Bottas dan Alex Lynn. Tes ini penting bagi Williams untuk menguji pengembangan baru pada mobil setelah tampil buruk pada tiga seri terakhir di Azerbaijan, Austria, dan Inggris.

Di sisi lain, Renault memanfaatkan tes ini buat memulai pengembangan mobil 2017 sambil menguji update minor jet darat 2016 agar tak terpuruk pada sisa musim ini. Renault juga bakal menilai performa Jolyon Palmer yang sejauh ini gagal tampil mengesankan.

Menariknya, Palmer bakal berduet dengan pebalap GP2 yang digadang-gadang bakal menggantikan posisinya tahun depan, Sergey Sirotkin.

Tanpa Wehrlein yang sementara bertugas untuk Mercedes, Manor bakal menurunkan Rio Haryanto dan Development Driver, Jordan King. Rio sebelumnya absen pada tes tengah musim F1 pertama di Catalunya, Barcelona, Spanyol, Mei silam.

Satu-satunya tim yang absen pada tes F1 di Silverstone adalah Sauber. Mereka sedang mengalami krisis finansial sehingga memilih tak ambil bagian demi menghemat biaya.

Video Populer

Foto Populer