Sukses


Rio Haryanto Masih Tampil pada F1 GP Jerman?

Bola.com, Hungaroring - Pirelli resmi merilis pilihan ban setiap tim dan pebalap untuk F1 GP Jerman di Sirkuit Hockenheim, 31 Juli 2016. Menariknya, dalam daftar tersebut masih ada nama Rio Haryanto.

Saat ini kiprah Rio pada F1 2016 terancam berakhir prematur. Pebalap berusia 23 tahun itu bisa terdepak dari Manor Racing selepas balapan GP Hungaria, Minggu (24/7/2016).

Untuk membalap semusim penuh, Rio mesti menyetor 15 juta euro (Rp 216 miliar) kepada Manor. Sejauh ini, pebalap asal Solo, Jawa Tengah, itu baru membayar sebesar 8 juta euro (Rp 115 miliar) dengan dana yang berasal dari sponsor utama, PT. Pertamina, dan hasil pinjaman bank.

Sesuai kontrak awal, dana tersebut cuma bisa menjamin keikutsertaan Rio hingga seri ke-11, yaitu GP Hungaria. Kalau tak mampu melunasi sisa pembayaran senilai 7 juta euro (Rp 101 miliar), Manor bisa saja mengganti putra pasangan Sinyo Haryanto dan Indah Pennywati itu dengan pebalap lain.

Indah berharap Manor mau memberikan kelonggaran tenggat pembayaran hingga GP Jerman yang hanya berselang sepekan setelah balapan di Hungaroring. Dia berharap dalam waktu singkat itu bisa mendapatkan sponsor baru agar Rio bisa terus membalap hingga akhir musim.

Pendukung setia Rio juga terus memberikan dukungan. Salah satunya dengan melakukan kampanye di media sosial twitter melalui tagar #saveRH88.

Saat masa depannya masih belum jelas, Rio mendapat sedikit angin segar. Dia berpeluang tampil di Hockenheim karena namanya masih ada dalam daftar pilihan ban untuk GP Jerman yang dirilis Pirelli, Selasa (19/7/2016).

Berdasarkan regulasi F1, setiap tim wajib menyetorkan nominasi ban kepada FIA maksimal delapan pekan sebelum balapan yang digelar di Eropa. Pilihan setiap tim dan pebalap baru diumumkan kepada publik dua pekan sebelum lomba.

Rio Haryanto sudah tiba di Budapest, Hungaria, pada Selasa (19/7/2016). Dia bertekad bangkit setelah gagal finis pada balapan sebelumnya di Sirkuit Silverstone, Inggris, 10 Juli 2016.

Video Populer

Foto Populer