Sukses


Tanya Nasib Rio Haryanto, Menpora Surati Manor Racing

Bola.com, Jakarta - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bakal menyurati Manor Racing pada pekan ini untuk mempertanyakan kelanjutan nasib pebalap Indonesia, Rio Haryanto, di F1. Melalui surat tersebut, Kemenpora berharap Manor memberi kesempatan kepada Rio membalap semusim penuh. 

Seperti diketahui, kiprah Rio di F1 sedang terancam. Pebalap berusia 23 tahun tersebut kemungkinan bakal berhenti di tengah musim karena belum menyetor pembayaran termin kedua ke Manor senilai 7 juta euro. Sesuai kesepakatan awal, jika tak membayar tambahan 7 juta euro, kiprah Rio bakal berakhir pada seri ke-11 di Hungaria.

Manor akhirnya memberi kesempatan Rio tampil di GP Jerman, akhir pekan ini. Namun, keputusan tersebut tak otomatis menjamin posisi Rio aman hingga akhir musim. Hal itulah yang mendorong Menpora bakal mengirim surat ke Manor, untuk menagih janji tang pernah diungkapkan Dave Ryan (Direktur Balapan Manor) saat mengumumkan Rio sebagai pebalap mereka pada 18 Februari. Selain itu, Menpora juga menilai Rio layak untuk diberi kesempatan lagi oleh Manor.  

"Dave Ryan saat itu mengatakan Rio Haryanto dipastikan akan bergabung secara resmi dengan Manor Racing dan akan mengikuti hingga akhir sesi F-1 2016," kata Kepala Komunikasi Publik Kemenpora, Gatot S. Dewo Broto, melalui rilis resmi Kemempora, Rabi (27/7/2016). 

"Yang kedua, prestasi Rio Haryanto memang belum memuaskan, tetapi minimal Manor Racing masih memberi peluang kepada Rio Haryanto untuk tetap berlaga hingga akhir putaran F-1 tahun ini. Selain itu, Abdulla Boulsien (Direktur Manor Racing) saat terakhir kali datang menemui Menpora pada 14 Juni 2016 telah berwacana untuk program karier Rio Haryanto pada dua tahun berikutnya dan kerja sama edukasi tentang F-1 antara Manor Racing dengan Pemerintah Indonesia. Untuk itu, Menpora akan berkirim surat kepada Manor Racing pada minggu ini," sambung Gatot. 

Gatot menambahkan, surat tersebut juga berisi jawaban atas surat yang dikirimkan Boulsien kepada Menpora, Imam Nahrawi, pada 18 Juli 2016. Dalam surat tersebut Manor ingin meminta kepastian dukungan dan komitmen terkait penyediaan sponsor untuk Rio. Dalam surat tersebut juga disebutkan Manor kemungkinan akan menggati Rio dengan pebalap lain seusai GP Hungaria, kecuali ada komitmen dari pemerintah Indonesia.  

"Menanggapi surat tersebut, Kemenpora telah berkoordinasi dengan PT Pertamina (sponsor Rio) yang esensinya tetap mendorong agar Rio Haryanto tetap diberi kesempatan melanjutkan berkiprah di F1 hingga akhir musim. Menurut informasi terakhir, Rio Haryanto masih diberi kesempatan mengikuti balapan F1 di Hockenheim. Harapan kami dan tentu saja sebagian rakyat Indonesia tentu saja agar Rio dapat membalap hingga seri terakhir," beber Gatot. 

Lomba F1 musim ini masih menyisakan 10 musim, yaitu di GP Jerman (31/7/2016), Spa-Francorchamps (Belgia, 28 Agustus), Monza (Italia, 4 September), Marina Bay (Singapura, 18 September), Sepang (Malaysia, 2 Oktober), Suzuka (Jepang, 9 Oktober), Circuits of the Americas (AS, 23 Oktober), Mexico City (Meksiko, 30 Oktober), Interlagos (Brasil, 13 November), dan terakhir di Yas Marina (Abu Dhabi, UEA, 27 November).




Video Populer

Foto Populer