Sukses


Esteban Ocon Dikabarkan Punya Kans Terbesar Gantikan Rio Haryanto

Bola.com, Jakarta - Bursa pengganti Rio Haryanto di Manor Racing pada paruh kedua F1 musim 2016 disebut-sebut mengerucut pada dua pebalap, Esteban Ocon dan Stoffel Vandoorne. Dari keduanya, Ocon dikabarkan punya peluang terbesar mengambil alih posisi Rio. 

Posisi pebalap Indonesia, Rio Haryanto, di Manor memang masih menjadi tanda tanya. Dia terancam dicoret oleh Manor jika tak segera menyetorkan dana senilai 7 juta euro sebagai garansi posisinya hingga akhir musim. 

Pria asal Solo, Jawa Tengah, itu hanya punya waktu sekitar dua pekan lagi untuk mencari sponsor baru sekaligus mengamankan kursinya di Manor. Di sisi lain, Manor menegaskan priorotas utama mereka adalah mempertahankan Rio, asalkan sang pebalap mampu menepati komitmennya terkait pembayaran. 

Dalam proses tersebut, spekulasi seputar kandidat pengganti Rio tak berhenti bergulir. Semula ada lima nama yang masuk bursa, yaitu Alexander Rossi, Will Stevens, Jordan King, Vandoorne, dan pebalap junior Mercedes, Ocon. Belakangan, kandidatnya mengerucut pada dua pebalap, Vandoorne dan Ocon. Selain merupakan driver junior Mercedes, Ocon juga bersatus sebagai pebalap cadangan Renault.  

Sejumlah media asing, satu di antarnya El Pais, meyakini Esteban Ocon berada di baris terdepan sebagai pengganti Rio. Menurut media-media tersebut, jika Manor menduetkan Pascal Wehrlein dan Ocon, Mercedes lah yang akan diuntungkan. Mereka bakal bisa membandingkan secara langsung kualitas Wehrlein dan Ocon yang sama-sama berstatus pebalap junior Mercedes.  

Manor belum memberi konformasi resmi mengenai kans Ocon menggantikan Rio. Mercedes dan Renault juga masih tutup mulut. Bos Mercedes, Toto Wolff sama sekali belum berkomentar soal Ocon dan Manor. Dia malah meminta Renault merekrut Ocon untuk balapan musim depan. 

"Kepribadian Ocon sangat sempurna. Dia sangat baik dan seorang pria muda yang cerdas. Performanya di mobil juga luar biasa," kata Wolff kepada Canal Plus, seperti dilansir Sport Mole, Rabu (3/8/2016). 

"Dia menjalani tes yang sensasional selama dua hari bersama kami di Silverstone dan kami melihat dia mencatatkan waktu yang sama dengan (Kevin) Magnussen pada latihan bebas Jumat. Dia seseorang yang bermasa depan cerah. Saya harap rekan saya (di Renault) menyadari semua ini. Jika tidak kami akan membawanya kembali," imbuh Wolff.  

Balapan F1 paruh kedua bakal bergulir pada 28 Agustus di GP Belgia. Itu artinya, Rio harus bergerak cepat menggaet sponsor yang bisa membiayainya hingga akhir musim.  

Video Populer

Foto Populer