Sukses


Rio Haryanto Buka Suara soal Kelebihan dan Kekurangannya di F1

Bola.com, Jakarta - Pebalap Manor Racing, Rio Haryanto, mengakui dirinya kerap tampil tak maksimal saat balapan F1 2016 hingga seri ke-12. Namun, dia tetap puas karena merasa penampilannya saat kualifikasi terbilang bagus.

Media luar negeri, Fox Sports, belum lama ini mengeluarkan penilaian mereka soal penampilan Rio bersama Manor pada balapan F1 2016 hingga paruh musim. Mereka menyebut Rio bukanlah pebalap terburuk.

Fox Sports menyebut Rio mampu tampil gemilang pada saat kualifikasi. Sayangnya, pebalap yang mengidolai Ayrton Senna itu kadang tak mampu bicara banyak pada saat balapan. Media yang berbasis di Los Angeles, Amerika Serikat, ini menilai catatan waktu Rio saat balapan menunjukkan performa sang pebalap belum konsisten.

Pebalap kelahiran Solo, Jawa Tengah, ini pun mengomentari penilaian Fox Sports tersebut. "Saya sangat puas, di kualifikasi saya memang sangat bagus. Pada saat balapan, kami kadang kesalahan dalam strategi dan saya sering mengalami nasib buruk," ujar Rio seperti dikutip Motorsport Total, Kamis (4/8/2016).

Soal strategi, Rio mengaku bisa maklum jika Manor kerap membuat keputusan yang salah. "Tim selalu mengambil keputusan yang sulit soal strategi. Mereka harus tahu betul soal balapan ketimbang saya yang berada di kokpit," tuturnya.

"Mereka tak hanya melihat pertarungan saya dengan rekan tim saya, tapi balapan secara keseluruhan. Tapi saya percaya dengan mereka," tambah pebalap berusia 23 tahun itu.

Meski demikian, Rio mengaku puas dengan penampilannya secara keseluruhan. Tapi mantan pebalap GP2 itu juga sadar masih harus mengembangkan kemampuannya dalam menggeber jet darat pada ajang F1.

"Saya mengerti bagaimana berbedanya F1 dengan GP2. Secara keseluruhan, saya sangat puas dengan musim yang saya jalani. Meskipun ada beberapa area di mana saya harus mengembangkan diri," kata Rio Haryanto.

Video Populer

Foto Populer