Sukses


Tour de Singkarak 2016: Dylan Newberry Juarai Etape Pertama

Bola.com, Payakumbuh - Pebalap asal Australia, Dylan Newberry, menjuarai etape pertama Tour de Singkarak (TdS) 2016 dari Dermaga Singkarak menuju Payakumbuh sejauh 95,8 km, Sabtu (6/8/2016). Dia menjadi yang tercepat saat masuk finis di Ngalau Indah dengan catatan waktu 2 jam, 25 menit, 26 detik.

Balapan etape pembuka TdS 2016 berjalan seru. Setelah dilepas di Dermaga Singkarak, peserta lomba balap sepeda yang masuk dalam kalender UCI ini langsung menyusuri tepian Danau Singkarak yang menjadi ikon balapan yang sudah delapan kali digelar ini.

Semua peserta tetap dalam rombongan besar hingga menjelang tanjakan. Saat berada di tanjakan, rombongan mulai terpecah. Para pebalap Indonesia dan beberapa pebalap asing, termasuk dari Hong Kong, tertinggal jauh dari rombongan terdepan.

Meski start sempat mundur dari jadwal awal hingga 45 menit, antusiasme masyarakat menunggu balapan cukup tinggi. Masyarakat di sepanjang jalan terlihat memberikan dukungan kepada semua pebalap hingga titik King of Mountain (KOM) di Rao-Rao.

Setelah KOM, semua pebalap langsung dihadapkan pada turunan yang panjang. Balapan pun kembali ketat setelah karena rombongan yang sebelumnya tertinggal kembali bergabung.

Di barisan depan, pebalap dari tim 7 Eleven Filipina dan Terengganu Cycling Team Malaysia secara bergantian memimpin grup.

Menjelang finis, Dylan mulai beraksi. Pebalap tim Data #3 Cisco itu mampu mengalahkan delapan pebalap yang berada di rombongan terdepan dalam adu sprint 200 meter menjelang finis. Bahkan, pebalap dengan nomor start 125 itu masuk finis sendirian.

Di antara tujuh pebalap yang dikalahkan Dylan adalah dua pebalap Indonesia, yaitu Dadi Suryadi (Terengganu Cycling Team Malaysia) dan Robin Manullang (Timnas Indonesia).

Saat ditemui wartawan selepas menyentuh garis finis, Robin Manullang mengaku sebenarnya punya peluang menyodok ke depan pada 500 meter terakhir. Hanya, sepedanya bermasalah. Akibatnya, Robin gagal menyalip pebalap yang ada di depannya. Dia harus puas finis di posisi kedelapan dengan catatan waktu 2 jam, 25 menit, 37 detik.

"Gir sepeda saya loncat-loncat. Pas latihan kendala ini sudah ada. Gir pun sudah diganti. Namun, entah mengapa masalah itu balik lagi," kata Robin Manullang dalam rilis yang diterima Bola.com.

Sementara itu, Dadi Suryadi mengakhiri lomba di urutan kelima dengan catatan waktu 2 jam, 25 menit, 29 detik. Dengan demikian, pebalap asal Jawa Barat itu berhak memegang status sebagai pebalap Indonesia tercepat.

Etape kedua Tour de Singkarak 2016 akan digelar pada Minggu (7/8/2016) dengan menempuh rute Limapuluh Kota menuju Tanah Datar sejauh 119,5 km.

Video Populer

Foto Populer