Sukses


Gantikan Rio Haryanto di Manor, Esteban Ocon Buka Suara

Bola.com, Banbury - Pebalap anyar Manor Racing, Esteban Ocon, akhirnya angkat bicara soal kesempatannya membalap pada ajang F1. Dia mengaku senang akhirnya bisa melakukan debut pada ajang paling bergengsi balapan jet darat tersebut.

"Saya sangat senang akan membuat debut di F1 dengan Manor Racing, akhir bulan ini. Saya siap untuk langkah maju yang sangat menarik ini, berkat pengalaman yang saya dapat sebagai pebalap cadangan musim ini," ujar Ocon seperti dikutip Motorsport, Kamis (11/8/2016).

Pebalap asal Prancis ini pun berterima kasih kepada sejumlah pihak yang telah mewujudkan mimpinya menjadi pebalap F1.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Renault Sport F1 Team dan Mercedes-Benz yntuk bekerja bersama-sama membuat hal ini terjadi, dan ke Manor Racing untuk kesempatan yang saya sambut dengan kedua tangan saya," tuturnya.

Ocon merupakan salah satu pebalap muda yang sedang naik daun di kancah balap dunia. Pemuda berusia 19 tahun itu punya prestasi mentereng sejak masih di level junior.

Pada 2014, Ocon sukses menjuarai FIA Formula 3 European Championship. Padahal itu merupakan musim pertamanya di ajang tersebut.

Melihat bakat besar Ocon, tim F1 Lotus mengundang pebalap kelahiran Evreux itu untuk ambil bagian dalam sesi latihan bebas pertama F1 GP Abu Dhabi pada 21 November 2014. Ocon kembali mendapat kesempatan mengendarai jet darat pada post race test di Barcelona bareng Force India.

Pada 2015, Ocon berkiprah di ajang GP3 Series bersama tim ART Grand Prix. Dia sukses merebut titel meski cuma meraih satu kemenangan dalam semusim. Pada musim tersebut Ocon juga menjalani peran sebagai pebalap penguji Force India.

Sebelum mengunci gelar juara GP3, Ocon resmi masuk dalam program pebalap junior Mercedes. Dia pun ditunjuk sebagai pebalap utama tim Mercedes-Benz di ajang DTM pada musim 2016 menggantikan sang juara bertahan, Pascal Wehrlein, yang promosi ke F1 bersama Manor Racing.

Di sela-sela kiprahnya di ajang DTM, Ocon juga berperan sebagai pebalap penguji Mercedes dan dipinjamkan ke Renault. Pada 2016, Ocon tiga kali turun dalam tes resmi F1. Dia juga empat kali tampil pada sesi latihan bebas di Catalunya, Silverstone, Hungaroring, dan Hockenheim bersama Renault.

Kini, dia resmi menjadi pebalap Manor. Dia menggantikan peran Rio Haryanto. Pebalap asal Indonesia itu diputus kontraknya karena terganjal masalah dana.

Video Populer

Foto Populer