Sukses


Kata Rio, Ibunda, dan Manajer Soal Kans Balapan di Sisa Musim Ini

Bola.com, Jakarta - Pebalap kebanggaan Indonesia, Rio Haryanto, sudah tak lagi jadi pebalap utama Manor pada paruh kedua F1 2016. Rio akan berganti peran sebagai pebalap cadangan tim asal Inggris itu pada sembilan seri tersisa.

Kontrak Rio diputus Manor pada tengah pekan lalu karena tak mampu membayar dana untuk membalap semusim penuh. Posisi pebalap berusia 23 tahun itu digantikan pebalap akademi Mercedes, Esteban Ocon.

Meski demikian, Manor tetap memberi kesempatan kepada Rio untuk tetap berada di lingkaran F1 dengan menawarkan peran baru sebagai pebalap cadangan. Tawaran itu pun diterima Rio.

Sebenarnya Manor sudah memiliki pebalap cadangan, yaitu Alexander Rossi. Namun, pebalap asal Amerika Serikat itu tak bisa menunaikan tugas secara maksimal karena harus membagi fokus tampil di ajang IndyCar. Karena itulah Manor menunjuk Rio sebagai pebalap cadangan kedua.

"Buat saya bisa tetap berada di lingkungan F1 adalah opsi terbaik. Sebagai pebalap cadangan, saya tetap harus hadir di setiap seri. Dengan demikian, saya bisa melihat perkembangan tim Manor serta belajar tentang banyak hal termasuk strategi dan hal-hal lain di luar mengendarai mobil F1 itu sendiri," kata Rio dalam jumpa media bersama Pertamina di Tangerang, Banten, Sabtu (13/8/2016).

Rio menambahkan menjadi pebalap cadangan juga membuka kesempatan tampil dalam salah satu seri pada paruh kedua musim ini. Namun, dia baru bisa membalap jika salah satu dari dua pebalap utama berhalangan tampil.

Keputusan Rio menerima tawaran menjadi pebalap cadangan Manor juga didukung Pertamina sebagai sponsor utama.

"Saya tak bisa pastikan 100 persen akan tampil. Yang pasti saya harus siap setiap saat," ujar Rio.

Dua dari sembilan seri terakhir F1 2016 akan digelar di Asia Tenggara, yaitu di Malaysia dan Singapura. Meski demikian, Piers Hunnisett, manajer Rio, tak yakin pebalap asal Solo, Jawa Tengah, itu bisa balapan di sana.

"Rio tak akan bisa balapan kecuali misalnya Ocon atau Pascal Wehrlein keracunan makanan dan tak fit untuk balapan, termasuk di Malaysia atau Singapura. Peluang turun pada sesi latihan bebas juga sangat kecil. Namun, ini masih terlalu dini. Saya akan melakukan diskusi dengan Manor di Inggris pada pekan depan untuk membahas peran Rio sebagai pebalap cadangan. Satu hal yang pasti, Rio tak akan balapan di ajang lain. Dia hanya fokus di F1," tutur Piers.

Ucapan Piers diamini Ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati. "Pebalap cadangan itu hanya pengganti jika pebalap utama berhalangan tampil. Jadi, meski ada balapan di Asia, Rio tetap tak bisa turun kalau kedua pebalap Manor tak berhalangan," katanya.

Video Populer

Foto Populer