Sukses


McLaren Gaet Vandoorne untuk Gantikan Button

Bola.com, Monza - Ambisi Stoffel Vandoorne untuk berkiprah penuh sebagai pebalap F1 akhirnya terwujud. McLaren resmi menggaet pebalap asal Belgia itu untuk menggantikan Jenson Button mulai musim 2017.

Button, yang menjalani debut di F1 pada 2000, memutuskan "cuti" sementara dari balapan. Dia akan mendapat peran baru di McLaren sebagai bagian inovatif selama dua tahun. Tugas utamanya adalah sebagai pengembang tim dan mobil. McLaren menyatakan Button tak akan membalap pada musim 2017, namun punya opsi mendapatkan kembali kursinya pada 2018.    

 

Button juga menegaskan belum pensiun dari arena balap. 

"Biar jelas, saya jelas tak pensiun. Saya tetap dikontrak untuk musim 2017 dan 2018. Saya akan bekerja untuk pengembangan mobil dan saya yakin sesekali bakal berada di belakang setir mobil baru," kata Button, seusai kualifikasi F1 GP Italia, seperti dilansir Motorsport, Sabtu (3/9/2016). 

"Saya senang tetap bertahan sebagai bagian inti dari tim McLaren. Faktanya, saya sangat antusias dengan peran baru ini, yang merupakan hasil beberapa pembicaraan mendalam dengan Ron Dennis (Bos McLaren). Yang utama, saya tak sabar terlibat lebih dalam dalam upaya tim untuk mendulang sukses," imbuh pria asal Inggris itu. 

"Saya mencintai McLaren-Honda. Saya yakin tim ini terbuat dari kumpulan orang-orang terbaik yang pernah berkerja sama dengan saya. Dan saya tak punya keinginan untuk membalap dengan tim F1 lainnya." 

Dengan perkembangan terbaru ini, musim depan McLaren bakal mengandalkan duet Fernando Alonso dan Vandoorne. Musim ini Vandoorne sudah sekali membalap untuk McLaren di GP Bahrain. Saat itu dia menggantikan Alonso yang sedang cedera. Juara dunia GP2 2015 tersebut tampil brilian dan berhasil mempersembahkan poin untuk McLaren. 

Vandoorne dengan terus terang mengakui meneken kontrak dengan tim merupakan momen yang sangat emosional. 

"Yang pertama, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang di McLaren Honda, terutama Ron, yang memberikan kepercayaan kepada. Saya sudah membubuhkan banyak tanda tangan sepanjang karier saya. Tetapi, ketika saya meneken kontrak dengan McLaren-Honda hari ini, saya merasakan perasaan yang yang tak ada tandingannya," kata Vandoorne. 

"Saya sangat tersanjung menjadi pebalap McLaren-Honda. Saya berjanji akan bekerja sekeras mungkin," sambung dia. 

Button memulai debut di ajang Grand Prix pada 2000 bersama tim Williams. Dia baru memperkuat McLaren sejak 2010, setahun setelah meraih titel bersama Brawn GP. Pebalap berusia 36 tahun total mengantongi 14 kemenangan dan 50 podium sepanjang kariernya. Selain Williams dan McLaren, Button pernah membalap untuk Renault, BAR, Honda, dan Brawn. 

Jenson Button sudah 297 kali di ajang Grand Prix, membuatnya berada di urutan ketiga sebagai pebalap paling berpengalaman di ajang F1, hanya kalah dari Rubens Barrichello dan Michael Schumacher. 

 

Video Populer

Foto Populer