Sukses


Ini Bedanya Ganda Putra-Putri dengan Campuran Versi Ricky / Tiara

Bola.com, Cirebon - Pasangan Ricky Karanda Suwardi/Tiara Rosalia Nuraidah mampu melewati adangan pertama pada babak penyisihan bulutangkis nomor perorangan PON 2016 di GOR Bima Cirebon, Sabtu (24/9/2016). Berhadapan dengan pasangan Sulawesi Selatan, Alvin Musaddiq/Kaeria Rosmini, ganda campuran Jawa Barat ini menang dua gim langsung 21-14, 21-1.

Meski tak berpengalaman bermain di sektor ganda campuran, Ricky/Tiara tetap tampil gemilang. Mereka seperti sudah memahami permainan satu sama lain.

Namun, Ricky dan Tiara mengaku masih memiliki kesulitan jika harus bermain pada nomor ganda campuran. Maklum, keduanya merupakan pemain spesialis ganda putra dan ganda putri.

"Kesulitan pasti ada karena saya spesialis ganda putra dan Tiara spesialis ganda putri. Mungkin tadi lawannya masih belum berat jadi kami bisa mengatasinya," ujar Ricky kepada Bola.com usai pertandingan.

Pemain asli Cirebon ini mengatakan perbedaan pola permainan antara ganda putra dengan ganda campuran. "Sangat berbeda dengan ganda putra dengan campuran," tutur Ricky.

Ganda campuran Jawa Barat, Ricky Karanda Suwardi/Tiara Rosalia Nuraidah, mengalahkan pasangan Sulawesi Selatan, Alvin Musaddiq/Khaeriah Rosmini, dalam laga bulutangkis PON XIX Jawa Barat di GOR Bima, Cirebon, Sabtu (24/9/2016). (Bola.com/Arief Bagus)

"Kalau ganda campuran kan gabungan putra dengan putri, jadi yang lebih banyak mendapat serangan itu putri. Kalau ganda putra mainnya sama-sama cepat, sementara ganda campuran pasti ada pemain yang diincar, yaitu putri," tambahnya.

Sementara itu, Tiara menyebut tempo permainan di ganda campuran lebih cepat ketimbang ganda putri. "Saya kan pemain depan, jadi agak menyesuaikan diri saja. Temponya lebih cepat daripada ganda putri. Harus lebih fokus dan lebih siap pastinya. Tidak boleh lengah sedikit pun," jelas pemain yang menghuni pelatnas PBSI tersebut.

Meski spesialis ganda putra dan putri, ini bukan kali pertama Ricky dan Tiara bermain sebagai pemain ganda campuran. Ricky dan Tiara beberapa kali sempat diduetkan ketika membela klub mereka, Mutiara Bandung, pada ajang kejuaraan nasional. "Jadi ya tidak terlalu masalah, tidak susah komunikasinya," ungkap Ricky.

Meski tak diunggulkan karena bukan ganda campuran "asli", Ricky/Tiara tetap mengincar medali emas pada PON 2016. "Peluang itu pasti ada apalagi kami main ganda campuran tidak ada beban, mudah-mudahan meraih medali emas untuk Jawa Barat," tutup Ricky.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer