Sukses


F1 2017: Tim Rio Haryanto Ingin Pertahankan Duet Wehrlein-Ocon

Bola.com, London - Manor Racing ingin mempertahankan Pascal Wehrlein dan Esteban Ocon untuk mengarungi F1 2017. Tim yang bermarkas di Banbury, Inggris, itu menganggap kedua pebalap akademi Mercedes tersebut sebagai duet ideal.

Wehrlein langsung mencuri perhatian pada musim debutnya di F1 pada 2016. Pebalap asal Jerman itu mampu mempersembahkan satu-satunya poin buat Manor pada musim ini hasil finis ke-10 di Austria.

Sementara itu, Ocon digadang-gadang sebagai bintang masa depan F1. Sejauh ini pebalap asal Prancis itu belum meraih hasil sebaik Wehrlein. Namun, hal tersebut dianggap wajar karena dia baru masuk pada pertengahan musim menggantikan pebalap Indonesia, Rio Haryanto.

Melihat talenta besar yang dimiliki Wehrlein dan Ocon, Manor pun enggan mengganti komposisi pebalap untuk musim depan. Kebetulan kontrak keduanya habis pada akhir musim ini.

Selain faktor bakat, Manor juga melihat keuntungan lain dari sisi teknis dan finansial jika mempertahankan Wehrlein dan Ocon. Sebagai timbal balik memakai jasa keduanya, Manor mendapat diskon besar dari Mercedes dalam pembelian power unit.

"Pascal adalah anak muda yang hebat. Esteban juga punya potensi besar. Semua tim pasti menginginkan mereka, termasuk kami. Melihat situasi saat ini, tentu saya sangat senang jika mereka bertahan. Sejauh ini kami merasa klop, jadi mengapa tidak?" kata Dave Ryan, racing director Manor Racing, kepada Autosport.

Ryan juga yakin Wehrlein dan Ocon bersedia bertahan di Manor. Belakangan Ocon disebut-sebut bakal balik ke Renault untuk jadi pebalap utama pada tahun depan. Sebelum ditarik Manor, Ocon berstatus sebagai pebalap cadangan Renault.

"Kami tim yang solid dan kompetitif. Tentu tak sekompetitif Mercedes, tapi kami bisa bersaing dengan tim papan tengah. Dari sudut pandang itu, Pascal dan Esteban berkesempatan memperlihatkan bakat mereka bersama kami. Musim ini saja mereka sudah melakukan pekerjaan yang hebat," ujar Ryan.

Di sisi lain, Wehrlein tetap khawatir bakal terlempar dari F1 pada musim depan meski Manor sudah mengungkapkan niat mempertahankan dirinya dan beberapa tim seperti Williams, Renault, dan Sauber juga tertarik memakai jasanya.

"Akan ada pebalap yang membawa uang dari sponsor dan itu menyulitkan posisi saya. Semoga saya sudah mendapat kepastian soal masa depan saya sebelum musim ini berakhir," kata Wehrlein.

Pernyataan Wehrlein seolah mengindikasikan bahwa Manor masih lebih memprioritaskan pay driver. Artinya, peluang Rio Haryanto yang saat ini berstatus sebagai pebalap cadangan Manor masih punya peluang untuk kembali menjadi pebalap utama Manor jika sukses mendapatkan sponsor.

Manajemen Rio beberapa waktu lalu mengungkapkan Manor sudah menawarkan kursi untuk musim depan kepada pebalap berusia 23 tahun itu.

Namun, apakah Rio Haryanto bersedia bergabung kembali dengan Manor pada F1 2017 masih menjadi misteri. Pasalnya, kubu Rio maupun sponsornya, Pertamina, telah menegaskan jika kembali ke F1 tahun depan, pebalap asal Solo, Jawa Tengah, itu harus bergabung dengan tim yang lebih baik daripada Manor dan lebih menghargai bakatnya.

Video Populer

Foto Populer