Sukses


Pilihan Tim Rio Haryanto untuk F1 2017 Menyusut

Bola.com, Sepang - Pilihan tim buat Rio Haryanto untuk kembali ke F1 pada 2017 menyusut. Satu slot kosong di tim Force India kemungkinan besar akan tetap dipertahankan oleh Sergio Perez.

Satu kursi di Force India untuk musim depan sudah dipastikan menjadi milik Nico Hulkenberg. Force India punya opsi mempertahankan Perez. Namun, mereka harus mencapai kata sepakat dengan Perez dan sponsornya terkait isu komersial.

Karena tak juga ada kesepakatan, Perez sempat digosipkan bakal pindah ke Renault atau Williams. Namun, tanda tanya seputar masa depan pebalap asal Meksiko itu akhirnya segera terjawab.

Situs Autosport pada Sabtu (1/10/2016) mengabarkan setelah melalui negosiasi yang rumit, ketiga belah pihak akhirnya menemui titik temu. Artinya, hanya tinggal menunggu waktu sebelum Perez secara resmi diumumkan sebagai rekan Hulkenberg untuk musim keempat secara beruntun di Force India.

"Saya tahu apa yang saya lakukan terkait masa depan saya. Sejauh ini semua berjalan lancar. Namun, kini saya belum berada dalam posisi untuk membuat konfirmasi. Semoga kalian bisa mendapatkan pengumuman resmi dalam waktu dekat," kata Perez kepada AP di sela-sela F1 GP Malaysia.

Jika Perez nantinya benar-benar bertahan di Force India, maka opsi tim Rio Haryanto berkurang satu. Kursi yang belum terisi untuk F1 2017 tinggal tersisa 11, yakni di Williams (2 slot), Renault (2), Sauber (2), Manor Racing (2), Haas (2), dan Toro Rosso (1).

Namun, peluang Rio mendapatkan kursi di Williams, Haas, dan Toro Rosso cukup berat. Selain harganya mahal, ketiga tim tersebut sudah punya pebalap incaran masing-masing.

Untuk Williams, mereka hampir pasti mempertahankan Valtteri Bottas. Sementara kursi milik Felipe Massa yang pensiun selangkah lagi disabet pebalap muda Kanada, Lance Stroll.

Stroll punya modal prestasi dan juga dana kuat. Pemuda berusia 17 tahun itu selangkah lagi menjadi kampiun ajang F3 Eropa. Dari sisi finansial, ayahnya adalah seorang miliuner.

Sementara Haas kemungkinan besar tak mengganti komposisi pebalap dengan mempertahankan duet Romain Grosjean dan Esteban Gutierrez. Kalaupun mencari pebalap baru, maka yang paling rentan tergusur adalah Gutierrez. Namun, bos Haas sudah menegaskan penggantinya adalah pebalap berpengalaman.

Toro Rosso sudah mengamankan servis Carlos Sainz Jr. Sebagai pendamping Sainz, tim satelit Red Bull itu hanya mempertimbangkan dua nama, yakni Daniil Kvyat atau Pierre Gasly.

Artinya, target paling realistis bagi Rio Haryanto adalah Renault, Sauber, dan Manor. Renault baru mengumumkan bahwa mereka mengincar satu pebalap matang untuk F1 2017. Sementara itu, Sauber dan Manor mencari pay driver.

Video Populer

Foto Populer