Sukses


F1 GP Jepang: Rosberg Juara, Mercedes Segel Titel Konstruktor

Bola.com, Suzuka - Pebalap Mercedes, Nico Rosberg, tampil dominan pada balapan F1 GP Jepang di Sirkuit Suzuka, Minggu (9/10/2016). Rosberg tampil tanpa cela sejak start hingga finis untuk meraih kemenangan kesembilan pada F1 2016 dan ke-23 sepanjang karier.

Rosberg mengalahkan pebalap Red Bull, Max Verstappen, dan rekan setimnya, Lewis Hamilton, yang finis di posisi kedua dan ketiga. Bagi Rosberg, ini merupakan kemenangan pertamanya di Suzuka.

Rosberg yang memulai lomba dari pole position melakukan start dengan sempurna. Sebaliknya, start Hamilton sangat buruk. Start kedua, Hamilton melorot enam posisi ke peringkat kedelapan selepas tikungan pertama.

Pada lap kedua, Rosberg memimpin lomba diikuti Max Verstappen (Red Bull) dan Sergio Perez (Force India). Sebastian Vettel (Ferrari), Daniel Ricciardo (Red Bull), Nico Hulkenberg (Force India), dan Kimi Raikkonen (Ferrari) melengkapi pebalap yang memisahkan Rosberg dengan Hamilton.

Hamilton meminta maaf kepada Mercedes. Tak ingin Hamilton menyerah, Mercedes balas menyemangati Hamilton.

Mendapat suntikan motivasi dari Mercedes, Hamilton bangkit. Pada lap ketujuh, Hamilton sukses melewati Hulkenberg. Dia lalu naik ke posisi kelima ketika duo Red Bull masuk pit untuk mengganti ban.

Bahkan, Hamilton sempat memimpin lomba saat pebalap lain yang ada di depannya masuk pit. Hamilton baru masuk pit pada lap ke-14 dan kembali ke lintasan di posisi ketujuh di depan Raikkonen dan Perez.

Setelah itu, Hamilton sukses melewati tiga mobil di depannya untuk mengunci posisi keempat di belakang Rosberg, Verstappen, dan Vettel. Hamilton kembali naik ke posisi kedua di belakang Vettel saat Rosberg dan Verstappen masuk pit pada lap ke-29.

Pada lap ke-33 giliran Hamilton yang masuk pit. Ketika kembali ke trek dia ada di posisi keempat di belakang Vettel, Rosberg, dan Verstappen.

Namun, Hamilton merebut posisi ketiga di belakang Rosberg dan Verstappen ketika Vettel masuk pit dua lap kemudian. Hamilton dan Vettel memakai strategi ban berbeda. Hamilton memakai ban hard, sedangkan Vettel ban soft.

Strategi Vettel dan Ferrari tak berjalan mulus. Alih-alih bisa menyalip Hamilton dengan ban yang lebih lunak, Vettel malah semakin tertinggal dari sang juara dunia bertahan.

Usai menghindari kejaran Vettel, Hamilton terus memburu Verstappen yang juga semakin mendekati Rosberg. Verstappen lalu terganjal traffic sehingga Hamilton bisa mendekat. Di sisi lain, Rosberg masih nyaman melaju di depan.

Duel ketat antara Verstappen dan Hamilton untuk memperebutkan podium kedua tersaji pada lima lap terakhir. Hamilton yang ban mobilnya lebih segar terus membuntuti Verstappen dengan selisih hanya satu detik.

Namun, Hamilton sulit mendekat dan tak bisa menyerang menggunakan DRS karena Verstappen selalu lebih cepat saat keluar chicane terakhir sebelum trek lurus start/finis. Manuver Hamilton sebelum lap terakhir juga tak membuahkan hasil. Dia malah melebar sehingga harus memotong jalur dan memberikan kembali posisi kedua kepada Verstappen pada lap terakhir.

Pertarungan tersebut secara tidak langsung menguntungkan Rosberg yang melaju sendirian di depan tanpa tekanan hingga finis terdepan. Verstappen akhirnya mampu mempertahankan posisi kedua untuk finis 0,7 detik di depan Hamilton.

Dengan kemenangan ini, Nico Rosberg memperbesar selisih dengan Hamilton di klasemen menjadi 33 poin dengan empat seri tersisa. Meski Rosberg dan Hamilton gagal finis satu-dua pada F1 GP Jepang, Mercedes tetap mengunci titel kontstruktor musim ini yang merupakan gelar ketiga secara beruntun sejak 2014.

Hasil Balapan F1 GP Jepang, Minggu (9/10/2016)

1. Nico Rosberg (Mercedes) 1 jam, 26 menit, 43,333 detik
2. Max Verstappen (Red Bull) +4,978 detik
3. Lewis Hamilton (Mercedes) +5,776 detik
4. Sebastian Vettel (Ferrari) +20,269 detik
5. Kimi Raikkonen (Ferrari) +28,370 detik
6. Daniel Ricciardo (Red Bull) +33,941 detik
7. Sergio Perez (Force India) +57,495 detik
8. Nico Hulkenberg (Force India) +59,177 detik
9. Felipe Massa (Williams) +1 menit, 37,763 detik
10. Valtteri Bottas (Williams) +1:38,323 menit
11. Romain Grosjean (Haas) +1:39,254 menit
12. Jolyon Palmer (Renault) +1 Lap
13. Daniil Kvyat (Toro Rosso) +1 Lap
14. Kevin Magnussen (Renault) +1 Lap
15. Marcus Ericsson (Sauber) +1 Lap
16. Fernando Alonso (McLaren) +1 Lap
17. Carlos Sainz Jr. (Toro Rosso) +1 Lap
18. Jenson Button (McLaren) +1 Lap
19. Felipe Nasr (Sauber) +1 Lap
20. Esteban Gutierrez (Haas) +1 Lap
21. Esteban Ocon (Manor Racing) +1 Lap
22. Pascal Wehrlein (Manor Racing) + 1 Lap

Klasemen Konstruktor

1. Mercedes (593 Poin)
2. Red Bull (385 Poin)
3. Ferrari (335 Poin)
4. Force India (134 Poin)
5. Williams (124 Poin)
6. McLaren (62 Poin)
7. Toro Rosso (47 Poin)
8. Haas (28 Poin)
9. Renault (8 Poin)
10. Manor Racing (1 Poin)
11. Sauber (0 Poin) 

Video Populer

Foto Populer