Sukses


Indonesia Incar Lima Emas di Kejuaraan Junior Karate Asia

Bola.com, Makassar - Indonesia akan mendapat kehormatan menjadi tuan rumah Kejuaraan Junior Karate Asia. Sebanyak 448 karateka junior dari 28 negara Asia bakal unjuk kemampuan di ajang 15Th AKF Championship yang digelar di Makassar, 25-27 November.

"Penunjukan Makassar sebagai tuan rumah sangat membanggakan kami. Apalagi, ajang karate selevel ini baru pertama kali diadakan di Makassar," ujar Ruslan Abu, ketua panitia pada jumpa media di Makassar, Selasa (8/11/2016) siang.

Hal senada dikatakan Ellong Tjandra, Ketua Harian Forki Sulsel. Menurut Ellong, jumlah karateka yang datang ke Makassar merupakan rekor.

"Pada ajang yang sama di Jepang tahun lalu, hanya 25 negara yang berpartisipasi. Jadi, kali ini, Makassar mencatat rekor peserta," ujar Ellong.

Ellong merujuk antusiasme salah satu negara peserta, yakni Iran, yang mengirim 36 atlet, 49 Wasit, 13 pelatih dan 7 offisial.

"Karateka Iran malah lebih banyak dari Indonesia yang menurunkan 35 atlet," papar Ellong.

Selain Iran, dua negara kuat Asia di cabang Karate, Jepang dan Kazhakstan, juga mengirim karateka andalannya ke Makassar. Masing-masing 34 dan 30 atlet.

Terkait target, Ellong menilai Indonesia berpeluang meraih lima emas pada ajang ini. "Merujuk sukses karateka Indonesia meraih tiga emas pada kejuaraan dunia di Austria tahun lalu, seharusnya prestasi itu bisa terulang di Makassar," jelas Ellong.

Dilain pihak, Ellong menambahkan pihaknya bangga sembilan atlet Sulsel masuk dalam daftar 35 atlet Indonesia. Selain itu, ada tiga pelatih dari asal Sulsel yang masuk tim yakni Nukman Lahamang, Mursalim dan Arif Taufan.
"Kami berharap ada karateka Sulsel yang meraih medali di ajang ini," paparnya.

Sementara itu, Muzakkir dari bidang pertandingan menambahkan ajang ini mempertandingkan empat kategori yaitu pemula, kadet, yunior dan U-21.

"Mereka akan bersaing pada kelas kata dan kumite. Selain lomba, juga diadakan penataran wasit dan kongres AKF," tutup Muzakkir.

Legenda Bulutangkis Indonesia, Markis Kido Meninggal Dunia

Video Populer

Foto Populer