Sukses


Marcus Ericsson Bertahan, Rio Haryanto Makin Sulit ke Sauber

Bola.com, Jakarta - Sauber mengumumkan tetap mempertahankan Marcus Ericsson untuk F1 2017, Senin (21/11/2016). Kepastian bertahannya Ericsson di Sauber membuat jalan Rio Haryanto untuk kembali ke F1 pada musim depan semakin terjal.

Setelah satu kursi di Sauber direbut Ericsson, slot tersisa di grid F1 2017 tinggal tiga yang tersebar di dua tim, yakni Sauber (satu kursi) dan Manor Racing (2).

Berdasarkan pemberitaan di media-media Eropa, tiga kursi kosong itu diperebutkan empat pebalap, yaitu Rio, Felipe Nasr, Esteban Gutierrez, dan Pascal Wehrlein.

Dari sisi preferensi, sponsor setia Rio, Pertamina, menginginkan pebalap berusia 23 tahun itu bergabung dengan tim selain Manor. Artinya, pilihan Rio tinggal Sauber. Sauber dan Manor memang dikabarkan sedang mencari pay driver.

Untuk mendapatkan kursi di Sauber, Rio harus bersaing dengan Nasr dan Gutierrez. Sementara itu, Wehrlein kemungkinan besar bertahan di Manor.

Ketimbang Rio dan Gutierrez, Nasr punya peluang paling besar. Dia merupakan pebalap Sauber saat ini. Pebalap asal Brasil itu juga baru saja mempersembahkan dua poin buat Sauber hasil finis kesembilan pada GP Brasil.

Hanya, Nasr terganjal masalah sponsor. Dia dikabarkan bakal ditinggal sponsornya saat ini, Banco do Brasil. Namun, jika mendapatkan suntikan dana dari investor lain, jalan Nasr bertahan di Sauber diprediksi bakal mulus.

Di sisi lain, kans Gutierrez lebih besar daripada Rio. Hanya saja, kedua pebalap itu sama-sama punya masalah.

Gutierrez pernah membela Sauber pada 2013-2014. Namun, relasi Sauber dengan Gutierrez kurang harmonis. Sauber melepas Gutierrez pada 2015 demi mengikat Ericsson dan Nasr yang membawa dana besar.

Belakangan, hubungan kedua belah pihak diduga mulai mencair setelah Gutierrez tertangkap kamera sedang berbicara dengan kubu Sauber di Interlagos. Gutierrez pun mengakui adanya pembicaraan tersebut.

Untuk Rio, dia menghadapi masalah klasik, yaitu dana. Faktor finansial itulah yang membuat Rio kehilangan kursi pebalap utama Manor pada pertengahan musim ini.

Manajemen Rio sudah bergerilya mencari sponsor dari Asia. Diakui manajemen, banyak perusahaan yang tertarik mendukung Rio. Namun, sampai saat ini belum ada aksi yang konkret. Baru Pertamina yang sudah mengutarakan komitmen mendukung Rio dengan nilai yang masih dirahasiakan. Padahal, musim 2016 tinggal menghitung hari. Seri terakhir musim ini akan berlangsung di Abu Dhabi pada Minggu (27/11/2016).

Dalam pernyataannya saat mengonfirmasikan perpanjangan kontrak Ericsson, Sauber mengatakan bakal mengumumkan pebalap kedua mereka dalam waktu dekat. Jika tak juga mendapatkan sponsor, rasanya Rio harus siap-siap gigit jari. Apalagi belakangan muncul nama baru yang berpeluang jadi kuda hitam dalam perebutan kursi F1 2017, yaitu kandidat juara GP2, Antonio Giovinazzi.

Memang masih ada opsi terakhir di Manor. Namun, sama seperti Sauber, kursi di Manor juga bakal sulit didapat Rio Haryanto tanpa adanya sokongan dana dari sponsor.

Line-up Sementara F1 2017

Mercedes: Lewis Hamilton; Nico Rosberg
Ferrari: Sebastian Vettel; Kimi Raikkonen
Red Bull: Daniel Ricciardo; Max Verstappen
Force India: Sergio Perez; Esteban Ocon
Toro Rosso: Carlos Sainz; Daniil Kvyat
Williams: Valtteri Bottas; Lance Stroll
McLaren: Fernando Alonso; Stoffel Vandoorne
Haas: Romain Grosjean; Kevin Magnussen
Renault: Nico Hulkenberg; Jolyon Palmer
Sauber: Marcus Ericsson; -
Manor: - ; -

Video Populer

Foto Populer