Sukses


Jurnalis F1 Senior Inggris Jagokan Rio Haryanto Gabung Sauber

Bola.com, London - Jurnalis F1 senior asal Inggris, Joe Saward, menunjuk Rio Haryanto sebagai pebalap yang paling berpeluang merebut kursi kedua Sauber untuk F1 2017. Hanya, Saward menyebut pebalap cadangan Manor itu mesti punya sponsor.

"Siapa yang akan bergabung dengan Sauber? Untuk saat ini pebalap yang punya kans terbesar adalah Rio Haryanto. Namun, dia harus membawa uang, bukan cuma janji," tulis Saward di blognya, Joe Blogs F1, Rabu (23/11/2016).

Menurut Saward, Rio punya kualitas. Saward mengatakan Rio telah melakukan pekerjaan hebat saat masih jadi pebalap utama Manor pada paruh pertama musim 2016 dengan menyulitkan rekan setimnya, Pascal Wehrlein.

Rio Haryanto kehilangan kursi sebagai pebalap utama Manor pada paruh kedua musim karena terkendala masalah finansial. Posisinya direbut pebalap junior Mercedes, Esteban Ocon.

"Ini adalah kesempatan terakhir Rio karena jika dia dua kali gagal membawa uang pintu ke F1 bisa tertutup untuk selamanya. Rio sudah banyak belajar dalam 12 bulan terakhir, jadi dia harus mengambilnya atau tidak sama sekali. Rio merupakan aset berharga buat Indonesia sehingga harus didukung," ujar Saward.

Rio bertekad kembali membalap di F1 pada 2017. Peluang pebalap berusia 23 tahun itu masih terbuka karena ada tiga slot kosong yang belum terisi di dua tim, yaitu Sauber (1 kursi) dan Manor (2). Satu kursi di Sauber sudah menjadi milik Marcus Ericsson.

Sponsor setia Rio Haryanto, Pertamina, berharap pebalap asal Solo, Jawa Tengah, itu bisa bergabung dengan tim selain Manor. Kursi itu tinggal ada di Sauber. Namun, untuk mendapatkan kursi di Sauber Rio harus memiliki sponsor dan juga bersaing dengan tiga pebalap lain, yaitu Felipe Nasr, Esteban Gutierrez, dan Wehrlein.

Video Populer

Foto Populer