Sukses


Manor Terancam Batal Ikut F1 2017, Sang Bos Salahkan GP Brasil

Bola.com, London - Bos Manor Racing, Stephen Fitzpatrick, menganggap kegagalan di GP Brasil menjadi penyebab tim asal Inggris tersebut terancam batal mengikuti ajang balap F1 2017. Selain itu, Fitzpatrick juga mengakui gagal mencapai kesepakatan dengan beberapa calon investor Manor Racing.

"Ketika saya mengambil alih tim pada 2015, tujuannya jelas yakni finis di sepuluh besar atau lebih baik lagi pada 2016. Kami hampir berhasil mencapai tujuan itu sebelum balapan dramatis di GP Brasil mengubur mimpi kami semua, dan bahkan mengancam batalnya kami ikut F1 2017," ujar Fitzpatrick dikutip dari Motorsport, Jumat (6/1/2017).

Manor Racing kehilangan posisi ke-10 di klasemen konstruktor F1 setelah pebalap Sauber, Felipe Nasr, finis di posisi kesembilan GP Brasil di Sirkuit Interlagos dan mendulang dua poin.  Manor harus puas finis di posisi buncit karena hanya mengoleksi satu poin sumbangan dari Pascal Wehrlein. 

Kegagalan Manor meraih posisi ke-10 di klasemen membuat mereka tak meraih imbalan finansial besar di akkhir musim, yang akhirnya jatuh ke tangan Sauber. Menurut Fitzpatrick situasi tersebut juga memengaruhi proses negosiasi dengan investor baru.

"Keputusan untuk memasukkan Manor ke dalam tim audit membuat perjuangan kami selama dua musim ini terasa sia-sia. Kami sempat menjalin negosiasi dengan investor dari Asia pada Desember, tapi proses itu gagal di tengah jalan," sambung dia.

Manor Racing kini masuk ke dalam daftar audit FIA untuk mengecek apakah mantan tim Rio Haryanto itu bisa tampil pada F1 2017 atau tidak. Tim audit FIA akan memastikan kondisi keuangan finansial Manor Racing termasuk memperhitungkan gaji seluruh staf tim yang bermarkas di Banbury tersebut.

Sebelumnya Manor Racing sempat diberitakan banyak melakukan proses negosiasi dengan beberapa calon investor. Bahkan, Bos KFC Indonesia, Ricardo Gelael, sempat disebut-sebut dalam daftar calon investor Manor Racing. Namun, kabar tersebut telah dibantah oleh Ricardo Gelael. 

Video Populer

Foto Populer