Sukses


Lebih dari 3 Ribu Pelajar di Jawa Barat Antusias Ikuti SAC Indonesia 2022

Bola.com, Bandung - Kompetisi atletik bertajuk Energen Champion Student Athletics Championship (SAC) Indonesia 2022 untuk kualifikasi Jawa Barat diikuti oleh 3.725 pelajar dari level SD, SMP hingga SMA. Antusiasme luar biasa dalam mengikuti SAC Indonesia 2022 begitu terasa di di GOR Arcamanik, Bandung, pada 25 hingga 27 November 2022.

Jumlah tiga ribuan peserta itu datang dari 313 sekolah di Bandung, Sukabumi, Indramayu, Cirebon, Bogor, Cikarang, Bekasi, Kuningan, hingga Tasikmalaya.

Nomor sprint dan relays masih menjadi favorit untuk diikuti di SAC Indonesia 2022. Sebanyak 1.158 peserta (dari total 3.725) tercatat mengikuti nomor sprint, tersebar di tiga jenjang, yakni SD, SMP dan SMA. Sedangkan 1.103 pelajar dari semua jenjang mengikuti nomor relays.

Sementara 319 peserta akan berlaga di middle distance. Long jump untuk SMP dan SMA total diikuti oleh 129 pelajar. Dan shot put diikuti oleh 116 siswa. Untuk supporting event Sekolah Dasar (SD), Kanga’s Escape diikuti oleh 408 pelajar. Sementara Formula One diikuti oleh 492 orang.

Semua siswa yang mengikuti SAC Indonesia 2022 di Jawa Bawat ini begitu antusias.

 

2 dari 3 halaman

Bikin Takjub

Ketua Umum KONI Bandung, Nuryadi, takjub terhadap penyelenggaraan SAC Indonesia 2022 kualifikasi Jawa Barat. Hal itu disampaikan saat hadir dalam upacara pembukaan, Jumat (26/11/2022). Menurutnya, kompetisi atletik menyasar pelajar secara masif ini merupakan terobosan luar biasa. 

“Pesertanya mencapai lebih dari 3.000 itu sesuatu yang hebat. Saya yakin dari jumlah tersebut pasti ada bakat dan bibit atletik yang ditemukan. Selain itu, saya juga percaya bahwa tahun depan pasti pesertanya akan semakin banyak lagi. Karena siswa dan pelajar berpotensi akan menunggu gelaran ini,” ungkap Nuryadi.

Tak lupa, Nuryadi juga memuji sistem berjenjang dari SAC Indonesia Indonesia, di mana para atlet yang juara di tingkat SMA akan diberangkatkan ke babak National Championship. Juga, para juara tingkat nasional akan berkesempatan mengikuti training camp ke Australia. 

“Saya berharap wakil-wakil dari West Java Qualifiers dapat kembali membanggakan nama sekolah dan daerah. Jadi, tampilkan yang terbaik. Bisa jadi ini akan menjadi bekal ke depannya untuk mewakili bangsa di ajang seperti SEA Games atau kejuaraan internasional lainnya kelak,” kata Nuryadi. 

 

3 dari 3 halaman

Pelaksanaan Hari Pertama

Sementara itu, dari pelaksanaan hari pertama yang digelar Jumat (25/11/2022), SMAN 7 Cirebon punya jagoan yang diperhitungkan. Tiara Maelani, juara lompat jauh putri jenjang SMA dalam SAC Indonesia 2022 - West Java Qualifiers.

Pada Jumat (25/11/2022), Tiara menciptakan lompatan sejauh 4,39 meter. Tiara akan ditemani oleh Elisa Bahtiar dari SMAN 1 Cisayong yang menempati posisi runner-up dengan lompatan sejauh 4,19 meter mewakili Jawa Barat ke National Championship. Sedangkan di posisi ketiga ada Mayanda Nurhayfa dari SMAN 26 Bandung yang mengantongi 4,04 meter. 

Dari persaingan lompat jauh putra tingkat SMA, Dika Prayoga membanggakan sekolahnya, SMAN 2 Padalarang. Ia sukses naik podium juara dengan lompatan sejauh 6,26 meter.

Podium runner-up diisi Yanuar Dwi Cahya dari SMAN 1 Beber, yang mencatatkan jarak lompatan 6,19 meter. Keduanya akan mewakili kualifikasi Jawa Barat, sekaligus akan kembali unjuk gigi bersaing melawan juara dari qualifiers lain.

Sementara itu di posisi ketiga ada Yanuar Aditya Pratama. Siswa SMAN 1 Cilimus Kuningan itu sukses dalam tiga kali percobaan lompatan, dengan prestasi tertinggi 5,83 meter.

Video Populer

Foto Populer