Sukses


Bocoran soal Manuver CGF di F1 dan Rencana untuk Rio Haryanto

Bola.com, Wina - Gagal membela Sauber untuk musim balap F1 2017, lantaran keputusan Pertamina untuk tidak menjadi sponsor utama, tidak serta merta menutup peluang Rio Haryanto untuk berlaga di ajang jet darat dunia. Kesempatan itu kembali terbuka menyusul ketertarikan investor dari Asia, Capital GF (CGF), untuk membeli tim Manor Racing.

Manor merupakan satu-satunya tim Formula 1 yang belum mengumumkan dua pebalapnya untuk musim ini. Tim asal Inggris tersebut juga dikabarkan terbelit masalah finansial dan telah masuk jurang kebangkrutan. Harapan untuk bisa tampil di F1 kini bergantung pada investor. Pembicaraan antara manajemen Manor dengan CGF sudah berlangsung sejak beberapa bulan terakhir.

Bola.com memperoleh beberapa bocoran tentang sejauh mana rencana pengakuisisian Manor dan agenda ke depan CGF dari seorang sumber asal Benua Eropa yang identitasnya tidak ingin dipublikasikan. Sumber tersebut menyebutkan, proses pembelian kepemilikan Manor tinggal menghitung hari. Secara tersirat, kedua belah pihak hampir sepenuhnya sepakat dan secepatnya merumuskan perjanjian jual beli tim di secarik kertas.

‘‘Secara verbal kedua belah pihak sudah sepakat. Ada beberapa isu kecil yang perlu dibahas secara mendalam. Saya estimasi keputusan ini akan keluar pekan depan atau paling tidak akhir bulan ini,’’ ujar sumber Bola.com, Sabtu (21/1/2017). 

Jika semua proses berjalan lancar, CGF mempunyai rencana mengorbitkan pebalap-pebalap Asia untuk berlaga di pentas F1. Salah satunya adalah Rio Haryanto. Pebalap Indonesia pertama yang turun di balapan jet darat terakbar di dunia ini menjadi prioritas CGF. ’’Untuk musim pertama, Rio menjadi pilihan utama. Untuk second driver-nya mungkin bukan dari Asia. Tapi rencana ke depan, CGF akan memakai pebalap Asia seperti dari negara Jepang atau mungkin juga Thailand,’’ ujarnya.

Rencana CGF mempromosikan pebalap-pebalap Asia ternyata sudah mendapat restu dari pihak F1. Sumber Bola.com menyebutkan saat proses negosiasi untuk mengakuisisi Manor tengah berjalan, pihak CGF pernah melakukan pertemuan dengan Chief Ececutive F1, Bernard Charles ’’Bernie’’ Ecclestone.

Dalam pertemuan itu, Bernie diberi tahu rencana pembuatan tim balap Asia untuk musim 2017. ’’Bernie menyambut baik rencana tersebut (Tim Asia yang diisi pebalap Asia). Dia full support karena bagus untuk mempromosikan talenta-talenta pebalap Asia,’’ terang sumber tersebut.

Jadi, inikah lampu hijau bagi Rio Haryanto balik ke F1? 

Video Populer

Foto Populer